Main Article Content
Abstract
Dalam buku ajar juga dimuat soal yang digunakan mengukur kemampuan peserta didik. Masih banyak peserta didik yang bingung terhadap soal-soal yang ada pada buku teks peserta didik kelas VII edisi revisi 2017 pada materi bilangan. Bagaimana sebaran tingkat kognitif pada soal pada buku teks matematika siswa kelas VII edisi revisi 2017 pada materi bilangan berdasarkan Taksonomi Bloom ?. Berdasarkan pada Taksonomi Bloom ada 6 tingkat proses kognitif. Dalam tingkat kognitif mencangkup dari C1 “Mengingat”, C2 “Memahami”, C3 “Mengaplikasikan”, C4 “Menganalisis”, C5 “Mengevaluasi”, C6 “Mencipta”. Jenis penilitian ini Deskriptif Kualitatif. Data pada penelitian ini dengan jumlah soal pada materi Bilangan pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi, terdapat 208 soal dengan pilihan ganda 55 soal dan essay 153 soal. Pada soal pilihan ganda hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori Level kognitif C2 “Memahami” sebanyak 18,2% (10 soal), C3 “Mengaplikasikan” sebanyak 80% (44 soal), C4 “Menganalisis” sebanyak 1,8% (1 soal) dan pada level C1 “Mengingat”, C5 “Mengevaluasi” dan C6 “Mencipta” tidak ada sama sekali. Sedangkan pada soal essay hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori Level kognitif C2 “Memahami” sebanyak 5,9% (9 soal), C3 “Mengaplikasikan” sebanyak 83,6% (128 soal), C4 “Menganalisis” sebanyak 9,8% (15 soal) C6 “Mencipta” sebanyak 0,7% (1 soal) dan pada level C1 “Mengingat” dan C5 “Mengevaluasi” tidak ada sama sekali.
Kata Kunci : Buku Teks Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afandi, M, Chamalah, E & Puspita W, O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
- Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Arifin, Z & Hidayani. (2011). Penelitian Pendidikaan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Pt Remaja.
- Arikunto, S. (2013).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Binethara, P. (2017). Identifikasi Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Dan Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Universitas Lampung.
- Effendi, Ramlan . (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mtematika. Vol 2 no 1
- Gueudet, G., Pepin, B., Restrepo, A., Sabra, H., & Trouche, L. (2018). E-textbooks and connectivity: proposing an analytical framework. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(3), 539–558.
- Harahap., Z I, Muchlis., E E & Maulidiya., D. (2019). Faktor-faktor Penyebab Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiyah Pendidikan Matematika, FKIP, Bengkulu.4(1),1-4
- Hua Lan, W., & Lan Chern, C. (2010). No Title. Using Revised Bloom’s Taxonomy to Analyze Reading Comprehension QUestions on the SAET and the DRET, 18 N0 3, 11.
- Jihad., & Abdul., H. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Multi Pressindo.
- Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
- Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
- Kusuma, M. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Multi Kreasi.
- Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 2013.
- Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosdakarya.
- Susanto, E & Rusdi, (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
- Utami., A T, Rusdi & Agustinsa. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajat Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika , FKIP, Bengkulu. 4(1),1-4
References
Afandi, M, Chamalah, E & Puspita W, O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Arifin, Z & Hidayani. (2011). Penelitian Pendidikaan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Pt Remaja.
Arikunto, S. (2013).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Binethara, P. (2017). Identifikasi Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Dan Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Universitas Lampung.
Effendi, Ramlan . (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mtematika. Vol 2 no 1
Gueudet, G., Pepin, B., Restrepo, A., Sabra, H., & Trouche, L. (2018). E-textbooks and connectivity: proposing an analytical framework. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(3), 539–558.
Harahap., Z I, Muchlis., E E & Maulidiya., D. (2019). Faktor-faktor Penyebab Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiyah Pendidikan Matematika, FKIP, Bengkulu.4(1),1-4
Hua Lan, W., & Lan Chern, C. (2010). No Title. Using Revised Bloom’s Taxonomy to Analyze Reading Comprehension QUestions on the SAET and the DRET, 18 N0 3, 11.
Jihad., & Abdul., H. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
Kusuma, M. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Multi Kreasi.
Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 2013.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosdakarya.
Susanto, E & Rusdi, (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
Utami., A T, Rusdi & Agustinsa. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajat Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika , FKIP, Bengkulu. 4(1),1-4