ANALISIS SOAL PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS VII EDISI REVISI 2017 PADA MATERI BILANGAN BERDASARKAN PADA TAKSONOMI BLOOM

Ika Nurma Anggraini(1), Effie Efrida Muchlis(2), Ringki Agustinsa(3),
(1) Pendidikan matematika, Indonesia
(2) Pendidikan matematika, Indonesia
(3) Pendidikan matematika, Indonesia

Abstract


Dalam buku ajar juga dimuat soal yang digunakan mengukur kemampuan peserta didik. Masih banyak peserta didik yang bingung terhadap soal-soal yang ada pada buku teks peserta didik kelas VII edisi revisi 2017 pada materi bilangan. Bagaimana sebaran tingkat kognitif pada soal pada buku teks matematika siswa kelas VII edisi revisi 2017 pada materi bilangan berdasarkan Taksonomi Bloom ?. Berdasarkan pada Taksonomi Bloom ada 6 tingkat proses kognitif. Dalam tingkat kognitif mencangkup dari C1 “Mengingat”, C2 “Memahami”, C3 “Mengaplikasikan”, C4 “Menganalisis”, C5 “Mengevaluasi”, C6 “Mencipta”. Jenis penilitian ini Deskriptif Kualitatif. Data pada penelitian ini dengan jumlah soal pada materi Bilangan pada buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi, terdapat 208 soal dengan pilihan ganda 55 soal dan essay 153 soal. Pada soal pilihan ganda hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori Level kognitif C2 “Memahami” sebanyak 18,2% (10 soal), C3 “Mengaplikasikan” sebanyak 80% (44 soal), C4 “Menganalisis” sebanyak 1,8% (1 soal) dan pada level C1 “Mengingat”, C5 “Mengevaluasi” dan C6 “Mencipta” tidak ada sama sekali. Sedangkan pada soal essay hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori Level kognitif C2 “Memahami” sebanyak 5,9% (9 soal), C3 “Mengaplikasikan” sebanyak 83,6% (128 soal), C4 “Menganalisis” sebanyak 9,8% (15 soal) C6 “Mencipta” sebanyak 0,7% (1 soal) dan pada level C1 “Mengingat” dan C5 “Mengevaluasi” tidak ada sama sekali.

Kata Kunci : Buku Teks Matematika, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif


Full Text:

PDF

References


Afandi, M, Chamalah, E & Puspita W, O. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Arifin, Z & Hidayani. (2011). Penelitian Pendidikaan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Pt Remaja.

Arikunto, S. (2013).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Binethara, P. (2017). Identifikasi Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Dan Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Pelajaran Biologi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi tidak diterbitkan. Lampung : Universitas Lampung.

Effendi, Ramlan . (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mtematika. Vol 2 no 1

Gueudet, G., Pepin, B., Restrepo, A., Sabra, H., & Trouche, L. (2018). E-textbooks and connectivity: proposing an analytical framework. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(3), 539–558.

Harahap., Z I, Muchlis., E E & Maulidiya., D. (2019). Faktor-faktor Penyebab Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiyah Pendidikan Matematika, FKIP, Bengkulu.4(1),1-4

Hua Lan, W., & Lan Chern, C. (2010). No Title. Using Revised Bloom’s Taxonomy to Analyze Reading Comprehension QUestions on the SAET and the DRET, 18 N0 3, 11.

Jihad., & Abdul., H. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

Kusuma, M. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Multi Kreasi.

Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 2013.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosdakarya.

Susanto, E & Rusdi, (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.

Utami., A T, Rusdi & Agustinsa. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajat Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika , FKIP, Bengkulu. 4(1),1-4




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.350-362

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ika Nurma Anggraini, Effie Efrida Muchlis, Effie Efrida Muchlis, Effie Efrida Muchlis, Ringki Agustinsa, Ringki Agustinsa, Ringki Agustinsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A