Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian tahap mengamati pada buku teks matematika SMP kelas VII semester II terbitan Kemendikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 berdasarkan pendekatan Saintifik. Materi yang dianalisis terdiri dari tiga bab, yaitu: (1) bab garis dan sudut, (2) segiempat dan segitiga, dan (3) penyajian data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembar observasi. Adapun aspek-aspek tahap mengamati yang dinilai yaitu: (1) terdapat perintah kegiatan peserta didik, (2) terdapat gambar/tayangan atau peristiwa/kejadian, fenomena, konteks, atau situasi yang akan diamati, (3) terdapat tahap kegiatan (pedoman observasi) yang runtun, dan (4) menyebutkan secara jelas data-data (hal-hal) apa saja yang dibutuhkan atau yang akan dicari. Sumber data pada penelitian ini yaitu buku matematika SMP/MTS kelas VII semester II Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang disusun oleh Abdur Rahman As’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bab Garis dan Sudut memiliki tingkat kesesuaian sebesar 95% dengan kategori sangat sesuai, (2) bab Segiempat dan Segitiga memiliki tingkat kesesuaian sebesara 92% dengan kategori sangat sesuai, dan (3) bab Penyajian Data memiliki tingkat kesesuaian sebesar 95% dengan kategori sangat sesuai.

Kata kunci : Analisis Kesesuaian Tahap Mengamati, Buku Teks, Pendekatan Saintifik

Article Details

How to Cite
Kusmawati, P., Rusdi, R., & Agustinsa, R. (2020). ANALISIS KESESUAIAN TAHAP MENGAMATI BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 340–349. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.340-349

References

  1. Aliza, F., Rusdi., & Rahimah, D. (2018). Aktivitas Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Berbantuan LKPD Berbasis Masalah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 20-24.
  2. Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLTB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  3. Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
  4. Hendryadi. (2017). Validasi Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonimi UNIAT, 2(2), 169-178.
  5. Latif & Akib. (2016). Mathematical Connection On Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Students At SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 207-217.
  6. Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisi Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 45(1), 1-15.
  7. Muklis, Y. M. (2015). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau dari Implementasi Pendekatan Scientific dan Penilaian Autentik. Artikel Publikasi, 1-18.
  8. Pramesti, Santika Lya. (2017). Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 25-32.
  9. Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 140-150.
  10. Silaen, D. Y., Hanifah., & Maulidiya, D. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 68-75.
  11. Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.