Main Article Content

Abstract

Kesesuaian materi dalam buku teks merupakan salah satu aspek kesesuaian buku teks yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Buku teks berperan sangat penting sebagai sumber utama dalam proses pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dan peserta didik. Masalah yang ditemukan, ternyata masih banyak buku teks matematika yang perlu ditinjau ulang dari aspek materi karena belum memenuhi standar BSNP untuk mendukung tercapainya Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang termuat dalam pembelajaran silabus. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika SMP / MTs kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Erlangga revisi tahun 2016 pokok bahasan segiempat dengan standar BSNP pada aspek materi / isi.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif (Penelitian Kualitatif Deskriptif). Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar isi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditinjau dari aspek materi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek materi dikategorikan cukup sesuai dengan proporsi sebesar 59,78%. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek materi dikategorikan cukup sesuai dengan proporsi sebesar 59,78%.Subjek dalam penelitian ini adalah buku Matematika untuk SMP / MTs Kelas VII Semester 2 terbitan Erlangga karangan M. Cholik Adinawan.Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari aspek materi dikategorikan cukup sesuai dengan proporsi sebesar 59,78%.

Keywords

Analisis Buku Teks Kesesuaian

Article Details

Author Biographies

Umi Syarifah, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Matematika

Effie Efrida Muchlis, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Matematika

Teddy Alfra Siagian, Universitas Bengkulu

Program Studi Pendidikan Matematika
How to Cite
Syarifah, U., Muchlis, E. E., & Siagian, T. A. (2020). ANALISIS KESESUAIAN BUKU TEKS MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VII KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA REVISI TAHUN 2016 POKOK BAHASAN SEGIEMPAT. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 405–415. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.405-415

References

  1. Andar, & Ikman. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Ujian Semester Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 4(2): 15-28.
  2. Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-nilai Pendidik Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo. 1(2): 71-90.
  3. Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  4. BSNP. (2011). Instrumen Penilaian Buku Teks Matematika. Jakarta: BSNP.
  5. Hendryadi. (2017). Validasi Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 2(2): 169-178.
  6. Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  7. Meilan, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, UNISSULA. 1(2): 71-90.
  8. Mulyasa, H, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rodakarya.
  9. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  10. Mutiara, P., Hanifah, & Mayzora, S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectualy Repetition dan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 306-314.
  11. Pramesti, Santika Lya. (2017). Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5(1): 25-32.
  12. Silaban, S. (2016). Dasar-dasar Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Medan: Harapan Cerdas Publisher.
  13. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  14. Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Univ. Sebelas Maret.
  15. Utami, F. Susanta, A. dan Yensy. N.A. 2017. Pengaruh Pembelajaran dengan Teknik Quick on the Draw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol. 1, No. 2, Hal 182-189.
  16. Winarno, M, E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM Press.
  17. Yuhasriati. (2012). Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang . 1(1): 81-87.