PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA KELAS VIII.1 DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Hasdelyati Hasdelyati(1),
(1) SMP Negeri 18 Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 47% atau 14 siswa, meningkat 20% pada siklus I menjadi 67% atau 20 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat 20% menjadi 87% atau 26 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Bengkulu tahun 2020/2021.


Full Text:

PDF

References


Adinawan, M. Cholik.2017, “MATEMATIKA SMP Jilid 2A Kelas VIII Semester 1.” Jakarta:Erlangga

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Diemas P.P Dan Rina Harimurti. 2017. “Pengaruh Penerapan Tools Google Clasroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal IT-Edu 2(1), 59-67.

Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. Dalam https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510

Gumanti, Tatang Ary., Yunidar, & Syahruddin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon:SMA Negeri 1 Losari.

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundayana . 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.302-314

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A