Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan aplikasi Google Classroom pada siswa kelas VIII.1 di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model dengan urutan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 47% atau 14 siswa, meningkat 20% pada siklus I menjadi 67% atau 20 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat 20% menjadi 87% atau 26 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Bengkulu tahun 2020/2021.

Article Details

How to Cite
Hasdelyati, H. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA KELAS VIII.1 DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 302–314. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.302-314

References

  1. Adinawan, M. Cholik.2017, “MATEMATIKA SMP Jilid 2A Kelas VIII Semester 1.” Jakarta:Erlangga
  2. Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  3. Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
  4. Diemas P.P Dan Rina Harimurti. 2017. “Pengaruh Penerapan Tools Google Clasroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal IT-Edu 2(1), 59-67.
  5. Gheytasi, M., Azizifar, A., & Gowhary, H. (2015). The Effect of Smartphone on the Reading Comprehension Proficiency of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 225–230. Dalam https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.510
  6. Gumanti, Tatang Ary., Yunidar, & Syahruddin. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
  7. Hardiyana, Andri. 2015. Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon:SMA Negeri 1 Losari.
  8. Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  9. Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  10. Sundayana . 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  11. Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.