Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks matematika kurikulum 2013 SMP kelas VII semester 2 edisi revisi 2016. Fokus analisis dalam penelitian ini terdiri dari 3 bab yaitu bab aritmatika sosial, garis dan sudut dan segiempat dan segitiga. Komponen yang dianalisis pada aspek penemuan pada pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah buku matematika kemendikbud edisi revisi 2016 ditinjau dari aspek materi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi  berdasarkan komponen penemuan pada CTL. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian keabsahan dengan uji kappa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesesuaian buku teks matematika pada bab aritmatika sosial ditinjau dari aspek materi dikategorikan sangat sesuai dengan persentase sebesar 80%. (2) pada bab garis dan sudut dari aspek materi i dengan persentase sebesar 71,99% (sesuai). (3) pada bab segempat dan segitiga dari aspek materi dikategorikan  sesuai dengan persentase sebesar 74,28%. Hasil keabsahan uji kappa diperoleh rata-rata skor 0,294 dengan kriteria cukup.

Article Details

How to Cite
Mitari, J., Rusdi, R., & Susanto, E. (2021). Analisis Kesesuaian Buku Matematika Kelas VII Semester 2 Terbitan Kemendikbud Berdasarkan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 90–98. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.90-98