Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks Kemendikbud Matematika SMP kelas VIII edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 pada materi Persamaan Garis Lurus dan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, ditinjau dari aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian menurut standar BSNP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian buku teks berdasarkan standar BSNP dengan memperhatikan aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan Uji Kappa dengan bantuan SPSS untuk melihat kesepakatan antara dua orang penilai yaitu peneliti dan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan rata-rata skor pada aspek kelayakan isi/materi sebesar 78,30% dengan kriteria baik dan perolehan rata-rata skor pada aspek penyajian sebesar 65,47% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa buku teks Kemendikbud Matematika SMP kelas VIII edisi revisi 2017 Kurikulum 2013 telah memenuhi standar aspek kelayakan isi/materi dan aspek penyajian menurut BSNP.

Kata kunci: BSNP, Buku Teks, Aspek Kelayakan Isi/Materi, Aspek Penyajian

Article Details

How to Cite
Moneta, A. S., Yensy, N. A., & Susanto, E. (2020). LISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN STANDAR BSNP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 327–339. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.327-339

References

  1. Ani, W. A., Yensy, N. A., dan Susanta, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Pembelajaran Ekspositori ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Hal 29-39.
  2. BSNP. (2011). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
  3. Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kusioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol 2 (2). Hal 169-178.
  4. Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  5. Permana, M. A., Muchlis, E. E., dan Susanta, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Metode Problem Solving pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 4 (1). Hal 17-29.
  6. Pramesti, S. L. D. (2017). Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.Vol 5 (1). Hal 25-32.
  7. Sabillah, F. S., Yensy, N. A., dan Maizora, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualized) Berbantuan LKPD Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vol 3 (1). Hal 110-119.