EFEKTIVITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) POKOK BAHASAN PERBANDINGAN

Tito Gusmiro(1), M. Fachrruddin S(2), Della Maulidiya(3),
(1) Prodi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) , Indonesia
(3) , Indonesia

Abstract


 

Abstrak

Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika pendekatan contextual teaching and leraning (CTL) pokok bahasan perbandingan Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan langkah-langkah pengembangan diadopsi dari Tim Puslitjaknov. Sampel penelitian pada uji coba 1 yaitu 10 orang siswa kelas VIIIb SMP Negeri 1 Pondok Kelapa dan pada uji coba 2 yaitu 18 orang siswa kelas VIIIc SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Penelitian  dilaksanakan  pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan  hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 3 LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif karena memenuhi a). Lembar pengamatan aktivitas siswa menunjukkan efektif, b) Nilai Hasil belajar setiap tes telah memenuhi ketuntasan minimal.

kata kunci: penelitian pengembangan, lembar kegiatan siswa, contextual teaching and learning (CTL), perbandingan

 

 

Abstract

This study was aimed to produce Mathematics Student WorkSheet Based on contextual teaching and learning (CTL) approach  on comparison. The type of this research was research and development by using development method Tim Puslitjaknov. The sampels of this research on tesdrive 1 were 10 students of grade VIIIB from SMP Negeri 1 Pondok Kelapa and 18 students of grade VIIIc on testdrive 2 from SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. This research was done on even semester of academic year. Instrument used were observasion of student activity sheet and  test result of learning. The conclution of this research is tree student work sheet it has  fullfilled criteria effective because fulfiled a). with student activity sheet with fullfilled criteria effective b).  the value of the learning outcomes of each test has met the minimum mastery.

keywords: research and development, student worksheet, contextual teaching and learning, comparison


Keywords


research and development, student worksheet, contextual teaching and learning, comparison

Full Text:

PDF

References


Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: DEPDIKNAS

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.

Maizora, S. 2011. Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Deferensial FKIP Universitas Bengkulu. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program PascaSarjana Univeritas Negeri Padang

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Lestri, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Ban dung: PT Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.101-105

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tito Gusmiro, M. Fachrruddin S, Della Maulidiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A