Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar segiempat dan segitiga. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana pada LKPD, memberikan penjelasan singkat tentang istilah-istilah yang belum dipahami siswa, memberikan motivasi dan apersepsi, serta memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 72,82; 81,24, 83,88 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 55,88%; 70,59%; 82,35%.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Herawaty, Dewi, dkk. 2007. Aturan Penulisan K I, Metodologi Penelitian, Pengembangan, dan PTK. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
- Junvefty, Een. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement (STAD) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).
- Meifriawan, Anggi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan AKTIVITAS Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pondok Kelapa.
- Sari, Lia Puspita. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).
- Soedijarto.2000.Pendidikan Nasional Sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jakarta: RINI Book Collection
- Yuliza, Silvia Cici. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Kota Bengkulu. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Herawaty, Dewi, dkk. 2007. Aturan Penulisan K I, Metodologi Penelitian, Pengembangan, dan PTK. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Junvefty, Een. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement (STAD) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).
Meifriawan, Anggi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan AKTIVITAS Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pondok Kelapa.
Sari, Lia Puspita. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).
Soedijarto.2000.Pendidikan Nasional Sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jakarta: RINI Book Collection
Yuliza, Silvia Cici. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Kota Bengkulu. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).