Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar segiempat dan segitiga. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan yang lebih sederhana pada LKPD, memberikan penjelasan singkat tentang istilah-istilah yang belum dipahami siswa, memberikan motivasi dan apersepsi, serta memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 72,82; 81,24, 83,88 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 55,88%; 70,59%; 82,35%.

Article Details

How to Cite
Sari, F. P., Maizora, S., & Herawaty, D. (2017). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 122–126. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.122-126

References

  1. Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  3. Herawaty, Dewi, dkk. 2007. Aturan Penulisan K I, Metodologi Penelitian, Pengembangan, dan PTK. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
  4. Junvefty, Een. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement (STAD) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).
  5. Meifriawan, Anggi. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan AKTIVITAS Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pondok Kelapa.
  6. Sari, Lia Puspita. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Pondok Kelapa. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).
  7. Soedijarto.2000.Pendidikan Nasional Sebagai Wahana Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jakarta: RINI Book Collection
  8. Yuliza, Silvia Cici. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Kota Bengkulu. Skripsi Strata 1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu (Tidak Dipublikasikan).