PENGEMBANGAN APLIKASI KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL DRILL AND PRACTICE PADA SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Fina Rahma Putri(1), Syafdi Maizora(2), Agus Susanta(3),
(1) Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) S2 PGSD Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi komputer sebagai media pembelajaran matematika menggunakan model Drill And Practice pada materi bangun ruang sisi datar SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research) yang dilakukan dengan empat tahap yaitu : Tahap Self Evaluation, uji validitas (Expert Review), uji praktikalitas (Small Group), dan uji efektivitas (Field Test). Validitas media pembelajaran dilakukan pada bidang materi, media dan bahasa. Kepraktisan dan efektivitas media diuji pada 35 orang siswa di SMPN 4 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas, lembar praktikalitas, dan lembar efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dikategorikan valid karena sesuai pada materi yang dipembelajarkan, kriteria media yang baik dan bahasa yang sesuai dengan kaidahnya. Media yang dikembangkan dikategorikan praktis karena media yang dibuat mudah digunakan dan dioperasikan. Media yang dikembangkan dikategorikan efektif karena media dapat meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Aplikasi Komputer, Media Pembelajaran, Drill And Practice, Bangun Ruang Sisi Datar.

ABSTRACT

            This study aims to produce computer applications as a medium of mathematics learning using Model Drill And Practice at polyhedron Lesson SMPN 4 Bengkulu City. This research is Research and Development done by four stages that is the stage of self evaluation, validity test (expert review), test of practicality (small group), and effectiveness test (field test).  The validity of instructional media is done in the fields of material, media and languages.  Practicality and efectiveness of media was tested by 35 students at SMPN 4 Bengkulu city.  The instrument of the research are media validation sheet, media practicality sheet, and media efectiveness sheet. The results showed that the developed media was categorized as valid because it corresponds to the material under study, good media criteria and language in accordance with the rules. Developed media is categorized as practical because the media made easy to use and operated. Developed media is categorized as effective because the media can improve the spirit and learning outcomes of students.

Key words : Research and Development, Computer Applications, Learning Media, Drill And Practice, Polyhedron.


Keywords


Penelitian Pengembangan, Aplikasi Komputer, Media Pembelajaran, Drill And Practice, Bangun Ruang Sisi Datar.

Full Text:

PDF

References


Hamzah, Ali dan Muhlisraini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Maizora, Syafdi. 2011. “Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial Pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu”. Tesis tidak diterbitkan. Padang : Program Pasca Sarjana UNP.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press Group.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.49-55

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fina Rahma Putri, Syafdi Maizora, Agus Susanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A