Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan hasil belajar siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik Quick On The Draw dan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa dan hasil tes akhir. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent posttes-only control group design menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Bengkulu, dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk soal uraian. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa dengan menggunakan teknik quick on the draw meningkat. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t dengan thitung = 2,03 dan ttabel = 1,99 dengan ? = 0,05. Karena thitung>ttabel maka disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teknik quick on the draw lebih baik dari pembelajaran konvensional di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.
Kata kunci : hasil belajar, teknik quick on the draw, aktivitas siswa
Abstract
This study examines the problem of improving student learning outcomes between students who are learning with the Quick on The Draw technique and conventional learning in terms of students' final mathematical abilities and final test results. This research is a quasi experimental research with design design of posttest nonequivalent control group using purposive sampling technique. The population in this study were students of class VIII SMPN 13 Kota Bengkulu, with class VIII C as experimental class and class VIII D as control class. The instrument used in this study is the final test in the form of a description problem. Based on the observation, student activity using quick on the draw technique increases. Technique of data analysis by using t-test with tcount = 2.03 and ttable = 1,99 with ? = 0,05. Because thitung> ttabel then concluded the result of student's mathematics learning by using quick on draw technique better than conventional learning in SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.
Keywords: learning outcomes, rapid on the draw techniques, student activities
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ali, H., & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali.
- Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.
- Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
- Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
- Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
- Sudjana, N, & Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
- Suryadinata, Nurain. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Strategi Quick On The Draw Dengan Masalah Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Prisma dan Limas. Universitas Muhammadiyah Metro. Volume 4, No.1. Hal 9-21.
- Uno, Hamzah B., & Mohamad, N. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
References
Ali, H., & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali.
Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
Sudjana, N, & Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Suryadinata, Nurain. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Strategi Quick On The Draw Dengan Masalah Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Prisma dan Limas. Universitas Muhammadiyah Metro. Volume 4, No.1. Hal 9-21.
Uno, Hamzah B., & Mohamad, N. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.