Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji masalah peningkatan hasil belajar siswa antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik Quick On The Draw dan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa dan hasil tes akhir. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent posttes-only control group design menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Bengkulu, dengan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dalam bentuk soal uraian. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa dengan menggunakan teknik quick on the draw meningkat. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t dengan thitung = 2,03 dan ttabel = 1,99 dengan ? = 0,05. Karena thitung>ttabel maka disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teknik quick on the draw lebih baik dari pembelajaran konvensional di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci : hasil belajar, teknik quick on the draw, aktivitas siswa

 

Abstract

This study examines the problem of improving student learning outcomes between students who are learning with the Quick on The Draw technique and conventional learning in terms of students' final mathematical abilities and final test results. This research is a quasi experimental research with design design of posttest nonequivalent control group using purposive sampling technique. The population in this study were students of class VIII SMPN 13 Kota Bengkulu, with class VIII C as experimental class and class VIII D as control class. The instrument used in this study is the final test in the form of a description problem. Based on the observation, student activity using quick on the draw technique increases. Technique of data analysis by using t-test with tcount = 2.03 and ttable = 1,99 with ? = 0,05. Because thitung> ttabel then concluded the result of student's mathematics learning by using quick on draw technique better than conventional learning in SMP Negeri 13 Kota Bengkulu.

 

Keywords: learning outcomes, rapid on the draw techniques, student activities

Article Details

How to Cite
Utami, F. R., Susanta, A., & Yensy B., N. A. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 182–189. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.182-189

References

  1. Ali, H., & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali.
  2. Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
  3. Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.
  5. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
  6. Ruseffendi. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
  7. Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo.
  8. Sudjana, N, & Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
  9. Suryadinata, Nurain. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Strategi Quick On The Draw Dengan Masalah Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Prisma dan Limas. Universitas Muhammadiyah Metro. Volume 4, No.1. Hal 9-21.
  10. Uno, Hamzah B., & Mohamad, N. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.