Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Model Think Talk Writedalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan  Model Think Talk Writedapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan  alat peraga, pembagian kelompok belajar secara heterogen, memberikan bantuan belajar khusus kepada siswa yang berkemampuan rendah, melakukan pendekatan serta memberikan teguran kepada siswa yang tidak mengikuti tahapan pembelajaran dengan baik. Peningkatan aktivitas belajar  siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 2,63; 2,92; 3,76.

Article Details

How to Cite
Novianti, K., Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2017). Penerapan Model Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 170–175. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.170-175