Penerapan Model Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu

Karina Novianti(1), Effie Efrida Muchlis(2), Syafdi Maizora(3),
(1) , Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Model Think Talk Writedalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan  Model Think Talk Writedapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara memberikan  alat peraga, pembagian kelompok belajar secara heterogen, memberikan bantuan belajar khusus kepada siswa yang berkemampuan rendah, melakukan pendekatan serta memberikan teguran kepada siswa yang tidak mengikuti tahapan pembelajaran dengan baik. Peningkatan aktivitas belajar  siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 2,63; 2,92; 3,76.


Keywords


Kata kunci: Aktivitas belajar siswa, model think talk write

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.170-175

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Karina Novianti, Effie Efrida Muchlis, Syafdi Maizora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A