Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIIIA SMPN 1 Pondok Kelapa semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar  siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara membentuk kelompok diskusi yang heterogen, menggunakan alat peraga dalam mengkonstruksi ide matematika, membimbing siswa dalam kegiatan kelompok, dan memberikan motivasi dan apresiasi berupa pujian. Hasil belajar siswa juga dapat ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi pertemuan sebelumnya, mengaitkan manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan soal latihan, membimbing dalam menemukan konsep melalui LKPD berbasis PMR, mengingatkan untuk membaca materi pertemuan selanjutnya.

Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; PMR.

Abstract

This study aims to find out how to apply the approach of Realistic Mathematics Education (RME) that improves student activities and learning outcomes on the topics of flat side solids. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The subject of this research is 30 students of class VIIIA SMPN 1 Pondok Kelapa even semester of 2016/2017 academic year. The instruments used are activity observation sheets and test result of student learning. The results showed that there was an improvement in the student's learning activities by forming heterogeneous discussion groups, using visual aids in constructing mathematical ideas, guiding them to take on the task of group activities, and providing motivation and appreciation in the form of praise. Student learning outcomes can also be improved by reminding the material of previous meetings, linking the benefits of learning materials through contextual issues, giving practice questions, guiding in finding concepts through PMR-based LKPD and reminding them to read the next meeting material.

Keywords: Learning Activity; Learning outcomes; RME.

Article Details

How to Cite
Setiani, D., Hanifa, H., & Muchlis, E. E. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 190–196. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.190-196

References

  1. Danapriatna, Nana dan Setiawan, Rony. 2005. Pengantar Statistika. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Daryanto. 2014. Penelitian Tndakan Kelas dan Peneltian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta : Gava Media
  3. Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
  4. Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht : Freudenthal Institute
  5. Haryono. 2015. Bimbingan Teknik Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta : Amara Books
  6. Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo
  7. Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitan Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers
  8. Sardiman A.M, 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers
  9. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
  10. Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
  11. Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta : Prestasi Pustakaraya
  12. Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu