Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar berdasarkan portofolio siswa pada pembelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirnasi. Penelitian ini merupakan  deskriptif kualitatif, adapun tugas-tugas yang terdapat pada portofolio yakni lembar kerja siswa (LKS), pekerjaan rumah (PR), rangkuman dan tes siklus. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIIA SMP Negeri 22 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2016/2017, dengan jumlah siswa yakni 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar portofolio siswa pada pembelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi diketahui bahwa siswa masih kesulitan dalam mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya, masih kesulitan mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang, siswa kurang disiplin dalam menyelesaikan tugas rumah (PR), pada tes formatif nilai rata-rata tertinggi terjadi pada yakni melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu, karena siswa lebih senang dalam menggambar daripada menghitung ataupun mengidentifikasi.

Kata Kunci : Hasil belajar siswa; proses eksplorasi; elaborasi dan konfirmasi; penilaian portofolio.

 

ABSTRAK

This research aim to analyze student portfolio learning outcomes with the application of exploration, elaboration and confirnation processes. The type of research conducted is qualitative descriptive research, tasks include in the portfolio were students worksheets (LKS), homewoork (PR) summary and cycle tests.The subject in this research were class VIIA of junior high school 22 Bengkulu City even semester of academic year 2016/2017, with a total of 18 students. This was show that student learning outcomes on learning by exploration, elaboration and confirmation process is known that students still difficulties in identifying the properties of triangle by side and angle, still difficult to identify the properties of rectangle, square, trapezoid, jajargenjang, rhomb and kite, discipline in completing homework assignments, on formative tests the highest average score occurs in Basic competencies 6.4 ie Painting triangle, line height, line divide, line weight and axis line, because students prefer to draw from counting or identifying.

Key words : students learning outcomes, exploration, elaboration, and confirmation proses, portfolio assesment

Keywords

hasil belajar siswa proses eksplorasi elaborasi dan konfirmasi penilaian portofolio

Article Details

How to Cite
Sari, N., Maulidiya, D., & Rusdi, R. (2018). ANALISIS HASIL BELAJAR PORTOFOLIO SISWA PADA PEMBELAJARAN DENGAN PROSES EKSPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI PADA KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 62–67. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.62-67

References

  1. Alimuddin. 2014. “Penilaian Dalam Kurikulum 2013”. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Karakter di Gedung SCC Palopo pada Sabtu, 03 Mei 2014.
  2. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
  3. Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
  4. Depdiknas. 2003-2004. Pedoman Pengembangan Portofolio untuk Penilaian.Jakarta : Depdiknas
  5. Jihad, Asep dan Abdul Haris.2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persido.
  6. Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  7. Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  8. Putra, Sitiatava Rizemi. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Jogjakarta : Diva Press
  9. Surapranata, Sumarna dan Muhammad Hatta. 2006. Penilaian Portofolio. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.