IDENTIFIKASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKDI KELAS VII C MTS NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Yolena Sari(1), Effie Efrida Muchlis(2), Della Maulidiya(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas belajar siswa pada penerapan model pembelajaran pair check.Jenis penelitian yang dilaksanakan yakni penelitian deskriptif kualitatif, adapun aspek aktivitas belajar siswa yang diamati memiliki keterkaitan dengan model pembelajaran pair check. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas VII CMTs Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pair checkdapat meningkatkan aktivitas belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil observasi pengamat  setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor pengamat aktivitas belajar siswa siklus I hingga siklus III yaitu : 10,875 ; 14,25; 1825 dengan dengan keterangan katagori penilaian  dari siklus I hingga siklus III yaitu : kurang aktif; cukup aktif; aktif.

 


Keywords


aktivitas belajar siswa; model pembelajaran pair check

Full Text:

PDF

References


Andini Fahimah, Mardiyanan, & Budi Usodo. 2013. Eksperimentasi model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dengan Pendekatan saintifik pada materi himpunan ditinjau dari kecerdasan logis matematika Siswa kelas VII SMP Negeri Se-kota Sura karta tahun ajaran 2014/2015.jurnal elektronik pembelajaran matematika(Vol.3, No.10).1085-1098

Hamalik, O. 2013. proses belajar mengajar disekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Huda, M. 2013. model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hudojo, H.2005. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: Um Press.

Nurhidayah. 2016. Implementasi model pembelajaran kooperatif tife Pair check dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wunomulyo. Jurnal Pepatuzdu (vol 11, n0.1).74-88

Sardiman. 2011. interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Shoimin, A. 2013. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin,E Robert.2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Prakti. Bandung: Nusa media.

Sudijono, A. 2014. pengantar statistik pendidikan. Bandung: Yrama Widya.

Thobroni. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta:Bumi aksara




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.35-41

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yolena Sari, Effie Efrida Muchlis, Della Maulidiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A