Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas belajar siswa pada penerapan model pembelajaran pair check.Jenis penelitian yang dilaksanakan yakni penelitian deskriptif kualitatif, adapun aspek aktivitas belajar siswa yang diamati memiliki keterkaitan dengan model pembelajaran pair check. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas VII CMTs Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pair checkdapat meningkatkan aktivitas belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil observasi pengamat setiap siklusnya. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor pengamat aktivitas belajar siswa siklus I hingga siklus III yaitu : 10,875 ; 14,25; 1825 dengan dengan keterangan katagori penilaian dari siklus I hingga siklus III yaitu : kurang aktif; cukup aktif; aktif.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Andini Fahimah, Mardiyanan, & Budi Usodo. 2013. Eksperimentasi model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dengan Pendekatan saintifik pada materi himpunan ditinjau dari kecerdasan logis matematika Siswa kelas VII SMP Negeri Se-kota Sura karta tahun ajaran 2014/2015.jurnal elektronik pembelajaran matematika(Vol.3, No.10).1085-1098
- Hamalik, O. 2013. proses belajar mengajar disekolah. Jakarta: Bumi Aksara
- Huda, M. 2013. model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Hudojo, H.2005. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: Um Press.
- Nurhidayah. 2016. Implementasi model pembelajaran kooperatif tife Pair check dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wunomulyo. Jurnal Pepatuzdu (vol 11, n0.1).74-88
- Sardiman. 2011. interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Shoimin, A. 2013. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Slavin,E Robert.2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Prakti. Bandung: Nusa media.
- Sudijono, A. 2014. pengantar statistik pendidikan. Bandung: Yrama Widya.
- Thobroni. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
- Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta:Bumi aksara
References
Andini Fahimah, Mardiyanan, & Budi Usodo. 2013. Eksperimentasi model pembelajaran team assisted individualization (TAI) dengan Pendekatan saintifik pada materi himpunan ditinjau dari kecerdasan logis matematika Siswa kelas VII SMP Negeri Se-kota Sura karta tahun ajaran 2014/2015.jurnal elektronik pembelajaran matematika(Vol.3, No.10).1085-1098
Hamalik, O. 2013. proses belajar mengajar disekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, M. 2013. model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hudojo, H.2005. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: Um Press.
Nurhidayah. 2016. Implementasi model pembelajaran kooperatif tife Pair check dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Wunomulyo. Jurnal Pepatuzdu (vol 11, n0.1).74-88
Sardiman. 2011. interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Shoimin, A. 2013. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin,E Robert.2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Prakti. Bandung: Nusa media.
Sudijono, A. 2014. pengantar statistik pendidikan. Bandung: Yrama Widya.
Thobroni. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta:Bumi aksara