UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBRLAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Yuni Kurniawati(1), Nurul Astuty Yensy(2), Dewi Herawaty(3),
(1) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Matematika JPMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapakan model pebelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Metode yang diterapkan adalah penelitiap tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 36 siswa kelas VII 7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dikatakan berhasil jika hasil observasi aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran berada pada kriteria baik dengan interval 23,34<x<30. Berdasarkan data dari lembar observasi altivitas belajar siswa menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara siswa dibentuk kelompok belajar yang heterogen, memberikan lembar materi dan latihan kemampuan, siswa saling mengoreksi hasil pekerjaan teman satu kelompoknya, siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan juga meyampaikan pendapat. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III yaitu 17,17; 20,17; 25,17

Keywords


team assisted individualization (TAI), aktivitas siswa

Full Text:

PDF

References


Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum

Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Hamzah & Muhlisrarini. 2013. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kunandar. 2013. Penilaian autentik (penialaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers

Kurniawati, Yuni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu

Ningrum, Epon. 2013. Panduan Praktis Peneltian Tindakan kelas. Bandung: CV Putra Setia

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slavin, R E. 2005. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta:

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Widada & Herawaty.2007. Implementasi RME, CMP, dan Model Pembelajaran Kooperatif. Diktat Tidak Dipublikasikan

Yunita, Fani. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Bengkulu:Universitas Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.14-19

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yuni Kurniawati, Nurul Astuty Yensy, Dewi Herawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A