Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menerapakan model pebelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Metode yang diterapkan adalah penelitiap tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 36 siswa kelas VII 7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dikatakan berhasil jika hasil observasi aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran berada pada kriteria baik dengan interval 23,34<x<30. Berdasarkan data dari lembar observasi altivitas belajar siswa menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara siswa dibentuk kelompok belajar yang heterogen, memberikan lembar materi dan latihan kemampuan, siswa saling mengoreksi hasil pekerjaan teman satu kelompoknya, siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan juga meyampaikan pendapat. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I sampai siklus III yaitu 17,17; 20,17; 25,17

Keywords

team assisted individualization (TAI) aktivitas siswa

Article Details

How to Cite
Kurniawati, Y., Yensy, N. A., & Herawaty, D. (2018). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBRLAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 14–19. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.14-19

References

  1. Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum
  2. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
  3. Hamzah & Muhlisrarini. 2013. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  4. Kunandar. 2013. Penilaian autentik (penialaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers
  5. Kurniawati, Yuni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu
  6. Ningrum, Epon. 2013. Panduan Praktis Peneltian Tindakan kelas. Bandung: CV Putra Setia
  7. Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
  8. Slavin, R E. 2005. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
  9. Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta:
  10. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
  11. Widada & Herawaty.2007. Implementasi RME, CMP, dan Model Pembelajaran Kooperatif. Diktat Tidak Dipublikasikan
  12. Yunita, Fani. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Bengkulu:Universitas Bengkulu.