PENGARUH MODEL MASTER (Mind, Acquire The Facts, Search Out The Meaning, TriggerThe Memory, Exhibit What You Know, Reflect) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMAN 06 KOTA BENGKULU

Oktavia Rahma Putri(1), Rusdi Rusdi(2), Agus Susanta(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model MASTER (mind, acquire the facts, search out the meaning, trigger the memory, exhibit what you know, reflect) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. . Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPS C sebagai kelas eksperimen dengan peserta didik yang berjumlah 33 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran MASTER dan XI IPS D sebagai kelas kontrol dengan peserta didik yang berjumlah 32 orang yang mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu 2,421 dengan taraf nyata (?) = 5% dan dk = 63 menghasilkan ttabel yaitu 1,669 jadi thitung> ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran MASTER terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 06 Kota Bengkulu.

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, MASTER (mind, acquire the facts, search out the meaning, trigger the memory, exhibit what you know, reflect)

Keywords


Model Master (Mind, Acquire The Facts, Search Out The Meaning, TriggerThe Memory, Exhibit What You Know, Reflect)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

.................................. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

B.Uno,Hamzah.2007.Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.Jakarta:Sinar Grafika Offset.

Prastowo, Andi.2011.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: DIVA Press.

Rose, Colin dan Malcolm J. Nichool.2002. Accelerated Learning. Bandung:Nuansa

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana,Nana.2002.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru Algesindo.

Suherman Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA.UPI.

Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.42-48

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Oktavia Rahma Putri, Rusdi Rusdi, Agus Susanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A