Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model inkuiri terbimbing sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 33 orang, teridiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 17 peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 26 maret 2018 sampai dengan 21 mei 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika  peserta didik. Peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi peserta didik siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 27, 36.13, 38.63 dengan kriteria secara berturut-turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif.

Kata Kunci: Aktivitas, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

 

ABSTRACK

This study aimed to improve mathematics learning outcpmes in rectangular and triangular materials by applying guided inquiry learning model. The type of this research is classroom action research with technique of collecting data by using learning observation sheet. Subjects of this research are students on VIIA class in SMP Negeri 2 Bengkulu City.  The study was conducted in 3 cylces, which is one cycle consisted of four meetings and one final test. Implementation started on march 26th 2016 untill may 21th 2018. This research showed that implementation of guided inquiry learning improve the result of the students. The result of implementation guided inquiry learning model can be seeb from average score on test for first, second, and third cycle respectively which were 64,89,78,73,85,76. The classical completeness in the first, second and third cycle which were 54,55%, 75,76% and 87,88% respectively.

Key Terms: Learning activity, Guided Inquiry Learning

Keywords

Learning activity Guided Inquiry Learning

Article Details

Author Biographies

Rahmi Maiyunda Sari, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

Rusdi Rusdi, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika

Della Maulidiya, Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika
How to Cite
Sari, R. M., Rusdi, R., & Maulidiya, D. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 31–39. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.31-39

References

  1. Abidin, Yunus. 2016.Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:PT Refika Aditama.
  2. Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi aksara.
  3. Hendriana, Heris dan Utari Soemarmo. 2017. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  4. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  5. Jacobsen, David LA, Paul Eggen dan Donald Kauchak. 2009. Methods For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  6. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  7. Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Konstansi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
  8. Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Penddidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  9. Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  10. Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  11. Suherman, Erman dan Udin S. Winataputra. 1992/1993. Strategi Belajar Mengajar matematika. Jakarta: Universitas terbuka, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  12. Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2009. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.