Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik Kelas VIII.5 di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas  dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik Kelas VIII.5 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada tes akhir siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 66,91; 73,73; dan 81,20 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III berturut-turut yaitu 55,56%; 72,22%; dan 83,33%.

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange.

 

Abstract

The purpose of this research is to know the improvement of students learning result at class  of VIII.5 SMP Negeri 3 Bengkulu City through implement of cooperative learning model type of Rotating Trio Exchange. The Research’s type is Classroom Action Research with technique of data collectin  is using learning result test. The subjects of this research are 36 students of VIII.5 at SMP Negeri 3 Bengkulu City in academic year 2017/2018 that are consist of 16 male students and 20 female students. The result of this research shows that application of cooperative learning model type of  Rotating Trio Exchange can improve learning result in mathematics. The improvement of learning result can be seen from average value in first cycle, second, and third cycle that are 66,91; 73,73; and 81,20 with persentage of classical completeness on first, second, and third cycle that are 55,56%; 72,22%; and 83,33% respectevely.

 

Keywords : Learning Activity, Learning Result, Cooperative Learning Model Type of Rotating Trio Exchange

Keywords

Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange.

Article Details

Author Biographies

Ayu Tri Utami, Universitas Bengkulu

PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS BENGKULU

Rusdi Rusdi, Universitas Bengkulu

PENDIDIKAN MATEMATIKA, UNIVERSITAS BENGKULU
How to Cite
Utami, A. T., Rusdi, R., & Agustinsa, R. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 21–30. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.21-30

References

  1. Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  2. Anderson, Lorin W, dan Krathwohl, David R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Aqib, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  4. Dipayana, I Md Dyatma. 2014. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1, hal 8-9.
  5. Harmin, Merril dan Toth, Melanie. 2012. Pembelajaran yang Menginspirasi. Jakarta: Indeks.
  6. Isjoni. 2016. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: ALFABETA.
  7. Karim, Saifudin Nor Haris Saputera. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Peserta didik SMP”. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 3, hal 271-278.
  8. Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
  9. Nurhayati, Wahyu, Elva Yasmi Amran, dan Erviyenni. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Riau: Program Sarjana Universitas Riau.
  10. Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  11. Silberman, Melvin. 2016. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran. Bandung : Penerbit Nuansa.
  12. Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktik. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.