Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Design. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dengan teknik Purposive Sampling didapat siswa Kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIIE kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t paired, uji-t independent, dan perhitungan nilai N-Gain. Pada uji-t paired untuk hasil pretes dan postes kelas eksperimen didapat angka sig.(2-tailed) = 0,000 < taraf signifikan yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran Think Pair Share diterapkan. Sedangkan pada uji-t independen hasil postes kelas sampel dengan taraf signifikan didapat angka sig.(2-tailed) = 0,047 < taraf signifikan dan yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika antara siswa dengan pembelajaran Think Pair Share dan ekspositori. Pada perhitungan nilai N-Gain didapat rata-rata angka N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,47(sedang) dan kelas kontrol 0,34 (sedang), didapati bahwa angka kenaikan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hake, Richard R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. Woodland Hills, CA : American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Metodology.
- Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin.2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.
- Kusuma, dkk. 2012. “Impelementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari”. Universitas Negeri Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.X., No.2:43-63.
- Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- National Research Council. 1989. “A Report to The Nation on The Future of Mathematic Education”. Everybody Counts: 27-38.
- Putri, Siska Yolanda., Yerizon., & Nilaswati. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang”. Universitas Negeri Padang : Jurnal Pendidikan Matematika. Part 2. Vol.3, No.1:41-45.
- Slavin. Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung : Nusa Media.
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&I). Bandung : Alfabeta.
- Syahri, Putri. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras”. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol.1, No.1:51-59. ISSN 2549-3906.
- Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran : Teori dan Praktik. Yogyakarta : Ar-Russ Media.
- Verowita, Winda., Murni, Dewi., & Mirna. 2012. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika”. Universitas Negeri Padang : Jurnal Pendidikan Matematika. Part 3. Vol.1, No.1:48-51.
- Weber, Everett. 2009. Buletin of Ecological Society of America : Quantifying Student Learning, How to Analyze Assesment Data. Murray : Murray State University.
- Zulkarniain, Iskandar. & Djamilah, Soraya. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Universitas Lambung Mangskurat : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3., No.1:105-117.
References
Hake, Richard R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. Woodland Hills, CA : American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Metodology.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin.2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.
Kusuma, dkk. 2012. “Impelementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari”. Universitas Negeri Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.X., No.2:43-63.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
National Research Council. 1989. “A Report to The Nation on The Future of Mathematic Education”. Everybody Counts: 27-38.
Putri, Siska Yolanda., Yerizon., & Nilaswati. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang”. Universitas Negeri Padang : Jurnal Pendidikan Matematika. Part 2. Vol.3, No.1:41-45.
Slavin. Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung : Nusa Media.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&I). Bandung : Alfabeta.
Syahri, Putri. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras”. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol.1, No.1:51-59. ISSN 2549-3906.
Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran : Teori dan Praktik. Yogyakarta : Ar-Russ Media.
Verowita, Winda., Murni, Dewi., & Mirna. 2012. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika”. Universitas Negeri Padang : Jurnal Pendidikan Matematika. Part 3. Vol.1, No.1:48-51.
Weber, Everett. 2009. Buletin of Ecological Society of America : Quantifying Student Learning, How to Analyze Assesment Data. Murray : Murray State University.
Zulkarniain, Iskandar. & Djamilah, Soraya. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Universitas Lambung Mangskurat : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3., No.1:105-117.