Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Design. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dengan teknik Purposive Sampling didapat siswa Kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIIE kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t paired, uji-t independent, dan perhitungan nilai N-Gain. Pada uji-t paired untuk hasil pretes dan postes kelas eksperimen didapat angka sig.(2-tailed) = 0,000 < taraf signifikan  yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran Think Pair Share diterapkan. Sedangkan pada uji-t independen hasil postes kelas sampel dengan taraf signifikan  didapat angka sig.(2-tailed) = 0,047 < taraf signifikan dan   yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar matematika antara siswa dengan pembelajaran Think Pair Share dan ekspositori. Pada perhitungan nilai N-Gain didapat rata-rata angka N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,47(sedang) dan kelas kontrol 0,34 (sedang), didapati bahwa angka kenaikan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share  terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMPN 17 Kota Bengkulu.

Keywords

hasil belajar model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pembelajaran matematika

Article Details

How to Cite
Putri, C. S., Muchlis, E. E., & Rusdi, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 17 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(1), 40–50. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.1.40-50

References

  1. Hake, Richard R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. Woodland Hills, CA : American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Metodology.
  2. Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin.2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.
  3. Kusuma, dkk. 2012. “Impelementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari”. Universitas Negeri Yogyakarta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.X., No.2:43-63.
  4. Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  5. National Research Council. 1989. “A Report to The Nation on The Future of Mathematic Education”. Everybody Counts: 27-38.
  6. Putri, Siska Yolanda., Yerizon., & Nilaswati. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang”. Universitas Negeri Padang : Jurnal Pendidikan Matematika. Part 2. Vol.3, No.1:41-45.
  7. Slavin. Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung : Nusa Media.
  8. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&I). Bandung : Alfabeta.
  9. Syahri, Putri. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras”. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol.1, No.1:51-59. ISSN 2549-3906.
  10. Thobroni, M. 2016. Belajar & Pembelajaran : Teori dan Praktik. Yogyakarta : Ar-Russ Media.
  11. Verowita, Winda., Murni, Dewi., & Mirna. 2012. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika”. Universitas Negeri Padang : Jurnal Pendidikan Matematika. Part 3. Vol.1, No.1:48-51.
  12. Weber, Everett. 2009. Buletin of Ecological Society of America : Quantifying Student Learning, How to Analyze Assesment Data. Murray : Murray State University.
  13. Zulkarniain, Iskandar. & Djamilah, Soraya. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama”. Universitas Lambung Mangskurat : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3., No.1:105-117.