Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar pembelajaran ekspositori di SMP N 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VII C sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan kelas VII D sebagai kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran Ekspositori. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan Uji-t dua sampel independen diperoleh nilai = 2,051 dan  . Oleh karena itu,  maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) secara signifikan lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran ekspositori di kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW), Pembelajaran Ekspositori.

Abstract

This study aims to find out whether the students mathematics learning outcomes that are taught cooperative learning type Think Talk Write (TTW) is significantly higher than the students mathematics learning outcomes who taught expository learning in SMP N 6 Kota Bengkulu.This research is a quasi-experimental research with samples taken using purposive sampling technique. Class VII C as experimental class gets treatment of Think Talk Write (TTW) and class VII D model as control class gets Expository learning treatment. Based on the result of data analysis used T-test two independent samples obtained value tcount = 2,051 and ttable = 0,167. Therefore, tcount > ttable then H1 is accepted. So it can be concluded that the result of learning of student mathematics between cooperative learning type Think Talk Write (TTW) is significantly higher than result of learning of student mathematics with expository learning in class VII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu.

Keywords: Learning Outcomes, cooperative learning type Think Talk Write (TTW), expository learning.

Keywords

Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW) Pembelajaran Ekspositori.

Article Details

How to Cite
Sari, I. P., Yensy, N. A., & Maizora, S. (2019). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 329–334. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.329-334

References

  1. Aunurahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  2. Dimyati, & Mujiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
  4. Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. IKIP Malang: Universitas Negri Malang.
  5. Isjoni. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
  6. Jihad, Asep & Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  7. Lestari, Karunia Eka & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  8. Majid, Abdul. 2013. Srategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  9. Margiana, Khusna. 2015. Pengaruh Kemampuan Matematika dan Kekritisan terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal ? ELT?.Volume 3. Nomor 2. Universitas Pekalongan Sriwijaya.
  10. Rajagukguk, Waminton. 2015. Evaluasi Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Media Akademi.