Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Pemahaman Konep Matematika Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Kota Bengkulu yang memenuhi kategori efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan memodifikasi model 4D Thiagarajan menjadi 3 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Efektifitas LKPD diuji pada tiga puluh dua peserta didik di kelas VIII 1 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian terdiri dari lembar efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII Di SMPN 3 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori efektif berdasarkan : 1) respon peserta didik dengan skor rata-rata 63,88 dalam kategori sangat baik; 2) aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 66,5 dalam kategori sangat baik dan; 3) hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 81,25%.

 

Kata Kunci : Efektifitas, Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep matematika

 

Abstract

This research aims to develop the learners' worksheet with the Scientific Approach in Polyhedron Material Facility to Increase the Understanding of Mathematical Concept of the 8th-grade students at the SMPN 3 Kota Bengkulu that meets effective category. Type of research used development research (Reasearch and Development) by modifying the 4D Thiagarajan model into 3 phase, which are define phase, design phase, and development phase consisting of validity, practicality, and effectiveness. Validation has been done by 3 validators. The effectiveness of LKPD was tested on thirty-two students in the 8th-grade 1 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu in the even semester of the 2017/2018 academic year. The research instruments consist of effectiveness. The results showed that the Students' worksheet with Scientific Approach in Polyhedron Material to improve the Understanding of Student in Mathematical Concept of the 8th grade in SMPN 3 Kota Bengkulu includes in the category as follows effective on the basis of: 1) the response of learners with an average score of 63.88 in very good category; 2) the activity of learners with an average score of 66.5 in a very good category and; 3) learning outcomes of learners achieve classical completeness 81,25%.

 

Keywords : Effectiveness, Students' Worksheet, Scientific Approach, Understanding Mathematical Concept.

Article Details

How to Cite
Setiabudi, A., Susanta, A., & Maulidiya, D. (2019). EFEKTIFITAS LKPD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 228–241. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.228-241

References

  1. Apriyanto (2015) : “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Penilaian Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu”. Bengkulu : Program Sarjana Universitas Bengkulu
  2. Aqib, Z., dan Amrullah, A. (2017). Pedoman
  3. Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa.
  4. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
  5. Dahar, R. W. (1989). Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga.
  6. Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan
  7. Bahan Ajar. Jakarta: Departemen
  8. Pendidikan Nasional.
  9. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  10. Musfiqon, & Nurdiansyah. (2015). pendektan pembelajaran saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning centre.
  11. Nurdin, S., dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  12. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA press.
  13. Sardiman. (2010). interaksi dan motivasi belajar. jakarta: Rajawali Persada.
  14. Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: BUmi Aksara.
  15. Widada, W. (2007). Pengembangan Teori Perkembangan Skema (triad level) tentang kalkulus pada mahasiswa. jurnal inspirasi VI.