PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII 6 DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Sandi Lukito(1), Hanifah Hanifah(2), Syafdi Maizora(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII 6 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018 berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu menyatakan ketuntasan belajar untuk (a) individu : jika siswa mendapat nilai  80, (b) klasikal: jika 80% siswa mendapat nilai 80. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 74,27; 80,42; dan 82,96 serta ketuntasan belajar klasikal siklus I, siklus II dan siklus III secara berturut-turut adalah 72,73%; 78,79%; dan 84,85%.

 

Kata kunci:   Hasil Belajar, Problem Based Learning.

ABSTRACT

The research aimed to improve the activity and learning outcomes of learners with Problem Based Learning model. This research was a Classroom Action Research. To collect the data, the researcher used test learning result techniques. The subject of this research was student of class VII 6 at SMP Negeri 1 Kota Bengkulu in academic yeard 2017/2018 with total number of 33 students. The result of this research shows that applying Problem Based Learning model can improve the result of students mathematic learning. Based on 2013 curriculum in SMP N 1 Kota Bengkulu represents learning for (a) individual : if students get value  80, (b) classical : if 80% of students get grades 80. The improvement of students learning result can be seen from the average score in cycle I, cycle II, and cycle III in a row are 74,27; 80,42; and 82,96. Futhermore, the completeness of classical learning in cycle I, cycle II, and cycle III in a row are 72,73%; 78,79%; dan 84,85%.

Key words :  Learning Outcomes, Problem Based Learning.


Keywords


Hasil Belajar, Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati, & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Matematika Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sitiatava Rizema. 2012. Desain Belajar Mengajar Kreaktif Berbasis Sains. Jogjakarta : Diva Press.

Sudjana, Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana.

Ula, S.Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajara Berbasis Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Ar-Ruzz Media




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.293-300

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sandi Lukito, Hanifah Hanifah, Syafdi Maizora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A