PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PEMBELJARAN MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE

Rizki Nikmatinafiah(1), Syafdi Maizora(2), Nurul Astuty Yensy(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu, sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan pembelajaran Make A Match dan siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan model pembelajaran Scramble. Analisis data menggunakan uji-t dengan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan Make A Match lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang diajar dengam menggunakan Scramble. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan thitung (3,28) > ttabel (0,423). Nilai thitung yang diperoleh lebih dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Tipe Scramble di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota.

Kata Kunci : Penelitian Kuasi-ekperimen , Model Pembelajaran Make A Match dan Sramble

ABSTRACT

This research aimed to know the comparison learning Make A Match with learning model Scramble on the study’s result of mathematics for student grade VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. This research population was students grade VII SMP Negeri 22 Kota Bengkulu where as the sample was student grade VII A as first experiment  class by applying Scramble learning and student grade VII B as second experiment class by applying learning Scramble. Data analysis use t-test with normal and homogenous distribution data. Based on the research result, the average score of students who taught using Make A Match was higher than the average score of students taught by using Scramble. From result of research known result of t-test with tcount (3,28) > ttabel (0,423). tcount value obtained more than ttable then it can be concluded that there was Comparison of Student Learning Outcomes Between Cooperative Learning Model Type Make A Match and Type Scramble  for grade VII SMP Negeri 22 Kota.

Keywords: Quasi-Experimental Research, Learning model Comparison Make A Match and Sramble


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Danim, Sudarwan. 2013. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Siregar, Syofian. 2014. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sunarto dan Hartono, A. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta

Yudhanegara, M. R. dan Lestari, K. E. (2017). Penelitian Matematika. Bandung: Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.275-284

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizki Nikmatinafiah, Syafdi Maizora, Nurul Astuty Yensy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A