Main Article Content

Abstract

Abstrak

Permasalahan pada pembelajaran matematika masih ditemukan pada bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar yang digunakan kurang mendukung peserta didik untuk menemukan suatu konsep dalam pembelajaran matematika, pembelajaran juga masih berpusat pada guru. Bahan ajar LKPD yang digunakan memuat materi yang tidak mengaitkan dengan aktivitas di kehidupan sehari-hari. Penelitian validitas LKPD dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang memenuhi kriteria valid, baik dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Tahapan pengembangan menggunakan model 4D yang dibatasi sampai pada tahap ketiga, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Instrumen pada penelitian ini adalah lembar validitas LKPD. Validasi LKPD diujicobakan kepada 4 validator yang terdiri dari 2 orang dosen pendidikan matematika Universitas Bengkulu dan 2 orang guru mata pelajaran matematika SMP. Hasil validitas LKPD  termasuk ke dalam kategori sangat valid, diperoleh dari hasil perhitungan Aiken dengan rata-rata skor 0,87. Jadi, dapat dinyatakan bahwa pengembangan LKPD dengan pendekatan PMR telah memenuhi kriteria valid.

Kata kunci : Validitas, LKPD, Pendekatan PMR

 

Abstract

Problems in learning mathematics are still found in the teaching materials used. Lesson materials used do not support students to find a concept in learning mathematics, learning is also centered on the teacher. LKPD teaching materials used contain material that does not relate to daily activities. The research of LKPD validity with Realistic Mathematics Education Approach (RME) aimed to develop LKPD that fulfill valid criterion, from material aspect, construction, and language. Development stage using the 4D model is limited to the third stage, namely define, design, and develop. The instrument in this study is the LKPD validity sheet. LKPD validation was tested to 4 validators consisting of 2 lecturers of mathematics education at Bengkulu University and 2 mathematics teachers of SMP. The result of validity of LKPD included in category is very valid, obtained from Aiken calculation with average score 0,87. So, it can be stated that the development of LKPD with the PMR approach has met valid criteria.

Keywords: Validity, LKPD, Realistic Mathematics Education Approach (RME) Approach

Keywords

Validitas LKPD Pendekatan PMR

Article Details

How to Cite
Hasibuan, E., Muchlis, E. E., & Yensi, N. A. (2019). VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 315–328. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.315-328

References

  1. Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta:Rajawali Pers.
  2. Maryanti, Maya. (2014). Penerapan Pendekatan Levels Of Inquiry untuk Meningkatkan Scientific Reasoning Siswa SMP pada Materi Kalor. Universitas Pendidikan Indonesia.
  3. Nurdin, S., dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  4. Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta:Diva Press.
  5. Purwanto, M. Ngalim. (2014). Psikologi Penelitian. Jakarta:Rosda.
  6. Shoffa, Shoffan. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan PMR pada Pokok Bahasan Jajargenjang dan Belahketupat. Didaktis. 14 (3):1-67.
  7. Siregar, Sofian. (2014). Statistika Deskriftif untuk Penelitian. Jakarta:Rajawali Press.
  8. Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung:ALFABETA,cv.
  9. Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta:PT Bumi Aksara.
  10. Wijaya, Ariyeni. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta:Graha Ilmu.