FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA TENTANG LUAS PERMUKAAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMPN 18 KOTA BENGKULU

Zulfan Idris Shaleh Harahap(1), Effie Efrida Muchlis(2), Della Maulidiya(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal luas permukaan kubus dan balok kelas VIII SMPN 18 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII 9 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Data diproses melalui tes diagnostik dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tentang luas permukaan kubus dan balok sebagai berikut: a) siswa kurang teliti dalam membaca soal, b) siswa kurang teliti dalam operasi perhitungan, c) siswa belum memahami konsep sisi persegi atau rusuk dari kubus, luas permukaan kubus, dan operasi aljabar , d) siswa salah dalam langkah penyelesaian, e) siswa salah dalam menentukan hasil akhir, f) siswa belum dapat membedakan antara diagonal sisi dan sisi.

 

Kata Kunci : Kesalahan, diagnosis, kubus, balok, deskriptif

 

Abstract

 

This study aims to : identify the causing factors of those errors in solving the problem concerning surface area of cube and cuboids in class VIII SMPN 18 Kota Bengkulu Year 2017/2018. This research uses qualitative descriptive method. Subjects in this study were students of class VIII 9 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Data is processed through diagnostic tests and interviews. Data were analyzed descriptively. These result indicated that : a) the students were inaccurate in reading the questions, b) the students were inaccurate in calculation the operations, c) the students have not understood yet about the concept of the square or ribs of the cube, cube surface area, algebraic operations, d) the students were wrong in completion steps, e) the students were wrong in determining the final result, f) the students have not able yet to distinguish between the side and side diagonal.

 

Keywords : errors, diagnosis, Cube, Cuboids, descriptive


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hamzah dan Muhlisrarini. 2014.Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta:Rajawali Pers

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Jihad dan Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Purwanto,Dr.,M.Pd.2017.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Sahriah,Sitti,dkk.2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang.Jurnal Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Suwarto.2013.Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas.

Widdiharto,Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remedinya. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.342-352

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zulfan Idris Shaleh Harahap, Effie Efrida Muchlis, Della Maulidiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A