Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan kontekstual pada materi kubus, balok, prisma dan limas di kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu yang memiliki kriteria efektif. Penelitian ini menggunakan  model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Instrumen penilaian dalam penelitian ini menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini didapat lembar kerja siswa berbasis pendekatan kontekstual pada materi kubus, balok, prisma dan limas di kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu yang memiliki kriteria efektif dengan nilai efektivitas sebesar 4,42.

Kata kunci : Pendekatan Kontekstual, Lembar Kerja Siswa (LKS)

 

Abstract

This study aimed to produce mathematics student worksheet based on contextual Approaches on cubes, beams, prisms and pyramid Material in Class VIII of SMPN 13 Bengkulu City that has effectiveness. This research used 4D development model that is modified into 3D which includes define, design and development. Assessment instruments in this study used student activity observation sheet, student response questionnaire, and test result sheet. The results of this study obtained a student worksheet based on a contextual approach on the material of cubes, beams, prisms and pyramid in class VIII SMPN 13 Bengkulu city which has effective criteria with effectiveness test score 4,42.

Keywords : contextual approach, student worksheet  

Article Details

How to Cite
Yolanda, M., Yensy, N. A., & Siagian, T. (2019). EFEKTIFITAS LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 353–361. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.353-361

References

  1. Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.
  2. Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.
  3. Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif . Yohyakarta : DIVA Press.
  4. Rusman. 2014. Model – model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
  5. Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorietasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.
  6. Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Jakarta : Kencana.
  7. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
  8. Suherman, Erman dan Udin S. Winataputra. 1992. Strategi belajar mengajar matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
  9. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : PT Bumi Aksara.