Main Article Content

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 13 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada pembelajaran matematika pokok bahasan segiempat dan segitiga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata – rata tes hasil belajar siswa pada siklus I mencapa 58,42; pada siklus II mencapai 76,97; dan pada siklus III mencapai 80.93. Ketuntasan Klasikal pada siklus I hanya mencapai 16,67%; pada siklus II mencapai 63,33%; dan siklus III mencapai 83,33%.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray (TS – TS), Hasil Belajar Siswa

 

Abstract

The purpose of this research is to know how to improve student learning achievement by Using Cooperative Learning Two Way Two Stray (TS TS). This research is a Classroom Action Research (CAR), where the data collection technique used test of learning achievement. The subjects of this research are the students of class VII/A at SMPN 13 Kota Bengkulu in academic year 2017/2018 which consists of 30 students. The results of this study indicate that the use of Cooperative Learning Two Way Two Stray Learning (TS TS) in mathematics learning with rectangular and triangular subjects can improve students' learning outcomes on mathematics. This is supported by the improvement of the average score of the students' mathematics learning, which in cycle I reach 58.42, thecycle II reaches 76.97, and the cycle III reaches 80.93. Meanwhile, the results of Classical Completeness also showed an improvement, which in cycle I reached 16.67%, cycle II reached 63.33%, and cycle III reached 83.33%.

Keyword : cooperative learning, two stay two stray (TS – TS), students achievement.

Keywords

Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TS – TS) Hasil Belajar Siswa

Article Details

Author Biographies

Ida Istiqomah, Universitas Bengkulu

pendidikan matematika universitas bengkulu

Della Maulidiya, Universitas Bengkulu

pendidikan matematika universitas bengkulu
How to Cite
Istiqomah, I., Maulidiya, D., & Siagian, T. A. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 374–383. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.374-383

References

  1. Aini, Asro. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Smp Negeri 11 Kota Bengkulu. Skripsi : UNIB.
  2. Arikunto, S. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara.
  3. Arzak dan Ibrahim, M. 2015. “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari pada Pokok Bahasan Operasi Bentuk Aljabar”. Skripsi. Kendari : Program S1 Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo.
  4. Aqib, Zainal. 2016. Penelitian Tindakan Kelas untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya.
  5. Darmadi, H. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta.
  6. Daryanto, dan Karim, S.yaiful. 2017. Pembelajaran Abad 21.Yogyakarta : Gava Media.
  7. Daryanto. 2014.Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.
  8. Dimyati, dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
  9. Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajara Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  10. Fajarantau, Anthur. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar M
  11. Fitri, H, Helma dan Syarifuddin, Hendra. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. UNP. Vol. 3 number 1, (2014). Diambil dari : http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1214. (25 Oktober 2017)
  12. Haris, A. dan Jihad, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  13. Hernawan, Asep Herry. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
  14. Hidayat, N.A dan Maulana, M. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang.
  15. Huda, Miftahul. 2017. Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  16. Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Jakarta : Kmendikbud.
  17. Kurniasih, Imas dan Berlin, Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena.
  18. Lestari, E dan Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang : Refika Aditama.
  19. Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta : Diva Press.
  20. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  21. Romiati, E., & Theis, R. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik dan Strategi Pembelajaran PQ4R pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 11 Kota Jambi. Edumatica, 38.
  22. Saroinsong, J., Ali, M. M., & Murdiana, I. N. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Fungsi Eksponen di Kelas X MIA 6 SMAN 4 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 54.
  23. Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
  24. Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali.
  25. Shoimin, A. 2014. 68 Model Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. (Saroinsong, Ali, & Murdiana, 2016)
  26. Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  27. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  28. Trianto. 2010. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas[Classroom Action Research]. Surabaya : Prestasi Pustakaraya.