ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN PECAHAN DI SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU

Della Septilia Eka Pratiwi(1), Efiie Efrida Muchlis(2), Agus Susanta(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VB SD Negeri 69 Kota Bengkulu sebanyak 32 orang. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data diawali dengan uji analisis instrumen tes, yaitu pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal dan analisis data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan materi bilangan pecahan terdapat sebanyak lima indikator kesalahan. (1) Kesalahan dalam mengurutkan pecahan dengan tingkat kesalahan sebanyak 17 siswa (53,12%). (2) Kesalahan menyederhanakan pecahan sebanyak 5 siswa (15,62%). (3) Kesalahan menjumlahkan pecahan  sebanyak 7 siswa (21,87%). (4) Kesalahan pengurangan pecahan sebanyak 17 siswa (53,12%). (5) Kesalahan dalam menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan pecahan sebanyak 10 siswa (31,25%). Faktor penyebab kesalahan siswa terdiri dari: (1) kurang memahami konsep materi, (2) kurang teliti dalam memahami soal; (4) kurang teliti dalam melakukan perhitungan, dan (4) tidak mengecek kembali jawaban akhir

 

Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Deskriptif

 

Abstract

 

The aim of this research is for description kind of factor mistake from student about finish the test of lesson fraction number. The research is descriptive research. Subject of the research is Students Class 5 SD Negeri 69 Bengkulu city surely 32 Students. The technic of data collection from the research is essay  and Ellyciting. Data analysis start from test instrumen analysis, That is, Validity test, reliability test, difficult level test, power of different the  test, and data analysis results test. Results of the research can show about fault from the students finish the test of lesson the breakdown, that have 5 misconception of indicator from the students. (1) The fault about sort it out fraction number with level fault 17 student (53,12%). (2) The fault about simplicity the fraction number is five students (15,62%). (3) The fault about add up fractions number as much 7 The students (21,87%). (4) The fault of substraction fraction number as much 17 Students (53,12%). (5) The fault of solve a real problem deals the breakdown as much 10 students (31,25%). Factor the fault of students is have 5 factor, that is : (1) The students understandably the concept about the lesson, (2) The students less thoroughly about understand the test, (3) the student less thoroughly about do the math, and (4) the students does not checking in last answer.

 

Keyword : Analysis, The Fault, Descriptive


Keywords


Analysis, The Fault, Descriptive

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Jihad, & Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Mardapi, D. (2012). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendika

Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (9): 933-945

Nitko, A.J. & Brookhart, S.M. (2011). Educational assessment of students.Xth edition. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.

Pomalo, Amir. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Campuran Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. (Online), Vol. 3, No. 3,

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Untari, Erny. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, Vol. 13




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.384-392

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Della Septilia Pratiwi, Efiie Efrida Muchlis, Agus Susanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A