Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VB SD Negeri 69 Kota Bengkulu sebanyak 32 orang. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data diawali dengan uji analisis instrumen tes, yaitu pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal dan analisis data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan materi bilangan pecahan terdapat sebanyak lima indikator kesalahan. (1) Kesalahan dalam mengurutkan pecahan dengan tingkat kesalahan sebanyak 17 siswa (53,12%). (2) Kesalahan menyederhanakan pecahan sebanyak 5 siswa (15,62%). (3) Kesalahan menjumlahkan pecahan  sebanyak 7 siswa (21,87%). (4) Kesalahan pengurangan pecahan sebanyak 17 siswa (53,12%). (5) Kesalahan dalam menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan pecahan sebanyak 10 siswa (31,25%). Faktor penyebab kesalahan siswa terdiri dari: (1) kurang memahami konsep materi, (2) kurang teliti dalam memahami soal; (4) kurang teliti dalam melakukan perhitungan, dan (4) tidak mengecek kembali jawaban akhir

 

Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Deskriptif

 

Abstract

 

The aim of this research is for description kind of factor mistake from student about finish the test of lesson fraction number. The research is descriptive research. Subject of the research is Students Class 5 SD Negeri 69 Bengkulu city surely 32 Students. The technic of data collection from the research is essay  and Ellyciting. Data analysis start from test instrumen analysis, That is, Validity test, reliability test, difficult level test, power of different the  test, and data analysis results test. Results of the research can show about fault from the students finish the test of lesson the breakdown, that have 5 misconception of indicator from the students. (1) The fault about sort it out fraction number with level fault 17 student (53,12%). (2) The fault about simplicity the fraction number is five students (15,62%). (3) The fault about add up fractions number as much 7 The students (21,87%). (4) The fault of substraction fraction number as much 17 Students (53,12%). (5) The fault of solve a real problem deals the breakdown as much 10 students (31,25%). Factor the fault of students is have 5 factor, that is : (1) The students understandably the concept about the lesson, (2) The students less thoroughly about understand the test, (3) the student less thoroughly about do the math, and (4) the students does not checking in last answer.

 

Keyword : Analysis, The Fault, Descriptive

Keywords

Analysis The Fault Descriptive

Article Details

How to Cite
Pratiwi, D. S. E., Muchlis, E. E., & Susanta, A. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN PECAHAN DI SD NEGERI 69 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 384–392. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.384-392

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
  2. Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  3. Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  4. Jihad, & Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Mardapi, D. (2012). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendika
  6. Manibuy, R., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus di Kabupaten Nabire-Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2 (9): 933-945
  7. Nitko, A.J. & Brookhart, S.M. (2011). Educational assessment of students.Xth edition. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs.
  8. Pomalo, Amir. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Campuran Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. (Online), Vol. 3, No. 3,
  9. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
  10. Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Untari, Erny. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, Vol. 13