Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pebedaan proses belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih dari pembelajaran Ekspositori pada materi segiempat Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasy experiment (Eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII.F sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII.G sebagai kelas Kontrol. Proses pembelajaran menunjukkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang, memperoleh rata-rata proses pembelajaran selama enam pertemuan adalah 51,42. Sedangkan kelas kontrol dengan jumlah siswa 29 orang, memperoleh rata-rata proses pembelajaran selama enam pertemuan adalah 42,16. Diperoleh bahwa proses belajar matematika siswa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih dari pembelajaran Ekspositori.
Kata Kunci : Proses belajar Matematika, Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Pembelajaran Ekspositori.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking.Infinity, 12 (2):196.
- Ansari, I Bansu. 2016. Komunikasi Matematiik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: PeNA.
- Dinata, Bima Marshel. 2016. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu”. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu : S1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu.
- Dimyati, & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
- Isjoni.2016. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.
- Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
- Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.
- Pranata, E. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Grooup Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konseo Matematika. Pendidikan Matematika Indonesia, 16 (1): 36.
- Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
- Setiani A, Priansa D J. 2014. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Cerdas Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta.
- Shadiq Fadjar.(2014).Pembelajaran Matematika.Yogyakarta:GrahaIlmu.
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam
References
Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking.Infinity, 12 (2):196.
Ansari, I Bansu. 2016. Komunikasi Matematiik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: PeNA.
Dinata, Bima Marshel. 2016. “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu”. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu : S1 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu.
Dimyati, & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Isjoni.2016. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.
Pranata, E. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Grooup Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konseo Matematika. Pendidikan Matematika Indonesia, 16 (1): 36.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Setiani A, Priansa D J. 2014. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran Cerdas Kreatif, dan Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Shadiq Fadjar.(2014).Pembelajaran Matematika.Yogyakarta:GrahaIlmu.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam