Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievements Division dengan model pembelajaran ekspositori ditinjau dari hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dari peneliian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling (sampling pertimbangan). Peneliti memilih sampel kelas VII A dan VII B, kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dankelas VIIB sebagai kelas kontrol yang mnggunakan model pembelajaran ekspositori. Instrumen  dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai dengan taraf signifikan 5%. Untuk kelas eksperimen nilai rata-rata tes akhir adalah 35,62 sedangkan nilai rata-rata tes akhir kelas kontrol adalah 39,21.

 

Kata kunci : Efektivitas, Hasil Belajar, Student Teams Achievements Division, Pembelajaran Ekspositori

Article Details

How to Cite
Ani, W. A., Yensy, N. A., & Susanta, A. (2020). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR METEMATIKA SISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 29–39. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.29-39

References

  1. Arikunto,Suharsimi.(2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PTBumi Aksara.
  2. _______________.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik .Jakarta: PTBumi Aksara.
  3. Hasan, M. Iqbal. (2008). Pokok-Pokok Materi Statistic 2 (Startistik Inferensif).Jakarta : Bumi Aksara.
  4. Jihad, Asep dan Abdul Haris.(2013).Evaluasi Penmbelajaran.Yogyakarta : Multi Pressindo.
  5. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung : PT. Refika Aditama.
  6. Rachmawati, Tika Karlina. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama . UIN Sunan Gunung Djati Bandung.Vol. 5, Hal. 52.
  7. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  8. Slavin, Robert. E. (2015). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
  9. Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
  10. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
  11. Sugiyono. (2010).Statistika UntukPenelitian. Bandung :Alfabeta.
  12. Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. Depok : PT RajaGrafindo Persada