Validitas Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Prisma dan Limas bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu

ELUL DIAN AGUSTIN(1), HARI SUMARDI(2), RUSDI RUSDI(3),
(1) BENGKULU UNIVERSITY, Indonesia
(2) BENGKULU UNIVERSITY, 
(3) BENGKULU UNIVERSITY, 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Prisma dan Limas bagi Siswa Kelas VIII yang memenuhi kriteria valid, baik dari segi bahasa, kontruksi maupun materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibatasi hanya tiga tahapan yaitu analyze, design dandevelopment. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018.Kevalidan LKPD diujicobakan pada dua orang validator, yaitu dosen pendidikan matematika Universitas Bengkulu dan guru matematika Kelas VIII E SMP Negeri 12 Kota Bengkulu.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi bahasa, lembar validasi kontruksi dan lembar validasi materi. Hasil penelitian kevalidan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing pada materi prisma dan limas bagi siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu, termasuk dalam kategori valid, yaitu: aspek materi skor rata-ratanya 4,03; aspek kontruksi skor rata-ratanya 4,02 dan bahasa dengan skor rata-ratanya 3,98. Secara keseluruhan uji kevalidan dari ketiga aspek penilaian tersebut mendapat skor rata-rata yaitu 3,97. Jadi, dapat dinyatakan bahwa pengembangan LKPD berbasis penemuan terbimbing pada materi prisma dan limas telah memenuhi kriteria valid.

Keywords


Validitas, Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Penemuan Terbimbing

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006

Sobel. 2004. Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga

Hernawati, K. dan Andarwati, D. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan GeoGebra Untuk Membelajarkan Topik Trigonometri Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Prosiding ISBN : 978-979-16353-9-4.

Annajmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software GeoGebra. Journal of Mathematics Education and Science, ISSN: 2528-4363, Vol. 2, No. 1.

Abdurrohim., Evi, P.B., dan Feoika, T. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, ISSN 2477-2038, Vol. 2, No. 2 Hal. 197-212.

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Shadiq, F. 2009. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika Depdiknas.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : PT. Tarsito.

Maizora, Syafdi. (2011)."Pendidikan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu" Tesis Konsentrasi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNP (tidak diterbitkan)

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Surabaya: Universitas Negri Malang.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.82-91

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ELUL DIAN AGUSTIN, SYAFDI MAIZORA, SYAFDI MAIZORA, RUSDI RUSDI, RUSDI RUSDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A