PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI KOORDNAT KARTESIUS DITINJAU DARI KEPRAKTISAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Nofri Dwi Jatra(1), Effie Efrida Muchlis(2), Agus Susanta(3),
(1) BENGKULU UNIVERSITY, Indonesia
(2) BENGKULU UNIVERSITY, Indonesia
(3) BENGKULU UNIVERSITY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memenuhikategori minimal praktis untuk pembelajaran LKPDberbasis model pembalajaran inkuiri pada materi koordinat kartesius. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D menurut Thiagarajan, tetapi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar kepraktisan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 15 orang peserta didik kelas VIII.4 pada uji kepraktisan. Hasil uji kepraktisan dengan skor rata-rata 4,64 memenuhi kategori sangat praktis atau minimal memenuhi kategori praktis, hal ini berarti LKPD dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri pada materi koordinat kartesius di kelas VIII.


Keywords


Inkuiri, Kepraktisan LKPD, Koordinat Kartesius

Full Text:

PDF

References


Adinawan, M.Cholik (2016). Matematika SMP/MTs Jilid 2A Kelas VIII Semester I. Jakarta: Erlangga

As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufiq, I. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., dan Taufiq, I. (2017). Buku Siswa Matematika SMP/MTS Kelas VIII Semester I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Daryanto, dan Dwicahyo, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Hamzah, B. Uno. 2007. Metode Model Pembelajan Menciptakan Proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Rawamangun: PT Bumi Aksara.

Sudjana. 1975. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfa Beta

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington. D. C: National Center for Improvement ofEducational Systems

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.142-149

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nofri Dwi Jatra, Effie Efrida Muchlis, Agus Susanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A