PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X IPA DI SMA N 1 KOTA BENGKULU

Berto Dwi Saputra(1), Effie Efrida Muchlis(2), Syafdi Maizora(3),
(1) Bengkulu University, Indonesia
(2) Bengkulu University, Indonesia
(3) Bengkulu University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan aktiitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat, terlihat dari hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 18 (cukup aktif) dan 23,13 (aktif). Hasil belajar matematika siswa meningkat, terlihat dari ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 33,33%; dan 81,81%

Keywords


Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Team Assisted Individualization

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: katapena

Slavin, E. Robert. 2016. Cooperative Learning. Bandung : Penerbit Nusa Media.

Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.61-68

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Berto Dwi Saputra, Effie Efrida Muchlis, Syafdi Maizora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A