Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan aktiitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat, terlihat dari hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 18 (cukup aktif) dan 23,13 (aktif). Hasil belajar matematika siswa meningkat, terlihat dari ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 33,33%; dan 81,81%

Keywords

Kata Kunci Aktivitas Hasil Belajar Team Assisted Individualization

Article Details

Author Biographies

Berto Dwi Saputra, Bengkulu University

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas bengkulu

Effie Efrida Muchlis, Bengkulu University

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas bengkulu

Syafdi Maizora, Bengkulu University

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas bengkulu
How to Cite
Saputra, B. D., Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X IPA DI SMA N 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 61–68. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.61-68

References

  1. Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
  4. Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
  5. Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: katapena
  6. Slavin, E. Robert. 2016. Cooperative Learning. Bandung : Penerbit Nusa Media.
  7. Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.