Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan dari pengembangan bahan ajar berbentuk komik doujinshi interaktif pada materi penggunaan skala pada denah dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. menurut Thiagarajan, tetapi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validitas materi, Bahasa, dan konstruksi lalu lembar kepraktisan dan keefektifan dari lembar respon, aktifitas dan hasil belajar. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 26siswa kelas V B pada uji kepraktisan dan 29 siswa kelas V C pada uji efektifitas. Hasil uji validitas dengan skor rata-rata 3,82 yang berkategori valid sedangkan kepraktisan dengan skor rata-rata 4,17yang berkategori praktis, lalu hasil uji efektifitas dengan skor rata-rata 4,31 yang berkategori sangat efektif, hal ini berarti bahan ajar berbentuk komik doujinshi interaktif pada materi penggunaan skala pada denah dalam kehidupan sehari-hari pada penelitian ini sudah dikatakan valid, praktis, dan efektif.

Keywords

Penelitian Pengembangan Bahan Ajar Komik

Article Details

Author Biographies

febri restu winoto, Bengkulu University

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas bengkulu

Effie Efrida Muchlis, Bengkulu University

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas bengkulu

Syafdi Maizora, Bengkulu University

pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas bengkulu
How to Cite
winoto, febri restu, Muchlis, E. E., & Maizora, S. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK DOUJINSHI INTERAKTIF PADA MATERI PENGGUNAAN SKALA PADA DENAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI UNTUK SISWA KELAS V SDN 01 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 40–52. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.40-52

References

  1. Cambell, Linda. dkk. 2002. Multiple Intelligences, Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok: Inisiasi Pers.
  2. Daryanto dan Cahyono, Aris Dwi. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
  3. Maizora, Syafdi. 2011. “Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu”. Skripsi tidak diterbitkan.Tesis Konsentrasi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNP.
  4. Morrison TG, Bryan G, & Chilcoat GW. 2002. Using student-generated comic books in the classroom. Journal of adult literacy 45 (8): 758-767.
  5. Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
  6. Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
  7. Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974.Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington. D. C: National Center for Improvement ofEducational Systems