PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK DOUJINSHI INTERAKTIF PADA MATERI PENGGUNAAN SKALA PADA DENAH DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI UNTUK SISWA KELAS V SDN 01 KOTA BENGKULU

febri restu winoto(1), Effie Efrida Muchlis(2), Syafdi Maizora(3),
(1) Bengkulu University, Indonesia
(2) Bengkulu University, Indonesia
(3) Bengkulu University, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan dari pengembangan bahan ajar berbentuk komik doujinshi interaktif pada materi penggunaan skala pada denah dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. menurut Thiagarajan, tetapi hanya menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validitas materi, Bahasa, dan konstruksi lalu lembar kepraktisan dan keefektifan dari lembar respon, aktifitas dan hasil belajar. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 26siswa kelas V B pada uji kepraktisan dan 29 siswa kelas V C pada uji efektifitas. Hasil uji validitas dengan skor rata-rata 3,82 yang berkategori valid sedangkan kepraktisan dengan skor rata-rata 4,17yang berkategori praktis, lalu hasil uji efektifitas dengan skor rata-rata 4,31 yang berkategori sangat efektif, hal ini berarti bahan ajar berbentuk komik doujinshi interaktif pada materi penggunaan skala pada denah dalam kehidupan sehari-hari pada penelitian ini sudah dikatakan valid, praktis, dan efektif.

Keywords


Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Komik

Full Text:

PDF

References


Cambell, Linda. dkk. 2002. Multiple Intelligences, Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok: Inisiasi Pers.

Daryanto dan Cahyono, Aris Dwi. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Maizora, Syafdi. 2011. “Pengembangan Web Pembelajaran Kalkulus Diferensial pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu”. Skripsi tidak diterbitkan.Tesis Konsentrasi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNP.

Morrison TG, Bryan G, & Chilcoat GW. 2002. Using student-generated comic books in the classroom. Journal of adult literacy 45 (8): 758-767.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974.Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Washington. D. C: National Center for Improvement ofEducational Systems




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.40-52

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 febri restu winoto, Effie Efrida Muchlis, Syafdi Maizora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A