PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Berta Panduwinata(1), Nurul Astuty Yensy B(2), Hanifah Hanifah(3),
(1) , 
(2) Bengkulu University, Indonesia
(3) Bengkulu University, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.G sebagai kelas eksperimen. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk aktivitas, data diperoleh dari lembar observasi pengamatan aktivitas. Nilai skor rata-rata kelas eksperimen adalah 4,15 sedangkan rata-rata skor kelas kontrol yaitu 3,83. Terlihat bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kelas kontrol dengan selisih 0,32. Berdasarkan perhitungan lembar observasi dan pengamatan peneliti, peserta didik kelas eksperimen menunjukkan aktivitas yang lebih aktif dibanding peserta didik kelas kontol yang terlihat dari tahap stimulation dan data collection yang memunculkan semua unsur SAVI. Untuk hasil belajar, data diperoleh dari nilai post-test kemudian diuji menggunakan uji-t sehingga didapatkan nilai  maka disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning dengan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.

 

Abstract

This research aims to find out the influence of the discovery learning model with the SAVI approach toward the activities and the learning outcomes of the Eight Grade Students of SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. This research used the quasi-experimental types with The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Population of this research was all of the eight grade students of SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. The sample were VIII-F Class as the control class and VIII-G class as the experimental class. Research data shows that: for the activity, the data obtained from the activity observation checklist showed. The average score of the experimental class was 4.15 while the average score of the control class was 3.83. It can be seen that the score of the experimental class were higher than the score of the control class with the difference of 0,32. Based on the calculations of the observation checklist and the researcher monitoring, the experimental class students showed that the activity of the students were more active than the control class students that can be seen from the stimulation and data collection step which showed all elements of SAVI. For the result of the learning, the data was obtained from the post-test score then tested using the T-Test so the sig score obtained was  then it can be concluded that there was a significant influence of the Discovery Learning model with the SAVI approach towards the learning outcomes of the Eight Grade Students of SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.


Keywords


learning activities, learning outcome, discovery learning model, SAVI approach

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.110-122

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Berta Panduwinata, Nurul Astuty Yensy B, Hanifah Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A