Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD dengan model Problem Based Learning pada materi aritmetika sosial yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu tahap define, design dan develop. Hasil penelitian pengembangan LKPD ini menunjukkan bahwa : (1) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa dengan skor rata – rata 4,35; (2) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata – rata 4,48; (3) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat efektif dengan rata – rata 4,74

Kata kunci : LKPD, Problem Based Learning, Penelitian dan Pengembangan

Keywords

LKPD Problem Based Learning Penelitian dan Pengembangan

Article Details

How to Cite
Narta, A. D., Maizora, S., & Yensy B, N. A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 92–101. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.92-101

References

  1. Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo 1(2), 72
  2. Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Jurnal Pendidikan Matematika 11(2) 183
  3. Isrok’atun, & Rosmal, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Bumi Aksara
  4. Karimah, A. A, dkk. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis da Sudut Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. JP2MS 1 (1), 9
  5. Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.
  6. Purnama, M. D., dkk. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal
  7. Bilangan dan Operasinya Siswa Kelas 1 di SDN Gadang Kota Malang. JKPM 1(1), 46
  8. Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
  9. Shoimin, A. (2014) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA
  10. Sudjana. (1975). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.
  11. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : ALFABETA
  12. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
  13. Widoyoko, S,EP. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR