Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD dengan model Problem Based Learning pada materi aritmetika sosial yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu tahap define, design dan develop. Hasil penelitian pengembangan LKPD ini menunjukkan bahwa : (1) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa dengan skor rata – rata 4,35; (2) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata – rata 4,48; (3) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat efektif dengan rata – rata 4,74
Kata kunci : LKPD, Problem Based Learning, Penelitian dan Pengembangan
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo 1(2), 72
- Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Jurnal Pendidikan Matematika 11(2) 183
- Isrok’atun, & Rosmal, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Bumi Aksara
- Karimah, A. A, dkk. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis da Sudut Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. JP2MS 1 (1), 9
- Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.
- Purnama, M. D., dkk. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal
- Bilangan dan Operasinya Siswa Kelas 1 di SDN Gadang Kota Malang. JKPM 1(1), 46
- Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
- Shoimin, A. (2014) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA
- Sudjana. (1975). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : ALFABETA
- Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
- Widoyoko, S,EP. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR
References
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo 1(2), 72
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Jurnal Pendidikan Matematika 11(2) 183
Isrok’atun, & Rosmal, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Karimah, A. A, dkk. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis da Sudut Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. JP2MS 1 (1), 9
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.
Purnama, M. D., dkk. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal
Bilangan dan Operasinya Siswa Kelas 1 di SDN Gadang Kota Malang. JKPM 1(1), 46
Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Shoimin, A. (2014) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA
Sudjana. (1975). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : ALFABETA
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara
Widoyoko, S,EP. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR