Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII di SMP Negeri 06 Kota Bengkulu

Aditra Dwi Narta(1), Syafdi Maizora(2), Nurul Astuty Yensy B(3),
(1) Bengkulu University, Indonesia
(2) Bengkulu University, 
(3) , 

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKPD dengan model Problem Based Learning pada materi aritmetika sosial yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu tahap define, design dan develop. Hasil penelitian pengembangan LKPD ini menunjukkan bahwa : (1) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi, kontruksi, dan bahasa dengan skor rata – rata 4,35; (2) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata – rata 4,48; (3) LKPD dengan model problem based learning pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 06 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat efektif dengan rata – rata 4,74

Kata kunci : LKPD, Problem Based Learning, Penelitian dan Pengembangan


Keywords


LKPD, Problem Based Learning, Penelitian dan Pengembangan

Full Text:

PDF

References


Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo 1(2), 72

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Jurnal Pendidikan Matematika 11(2) 183

Isrok’atun, & Rosmal, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Karimah, A. A, dkk. (2017). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis da Sudut Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. JP2MS 1 (1), 9

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Press.

Purnama, M. D., dkk. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal

Bilangan dan Operasinya Siswa Kelas 1 di SDN Gadang Kota Malang. JKPM 1(1), 46

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Shoimin, A. (2014) 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : AR-RUZZ MEDIA

Sudjana. (1975). Metode Statistika. Bandung:Tarsito.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung : ALFABETA

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara

Widoyoko, S,EP. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : PUSTAKA PELAJAR




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.92-101

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 aditra dwi narta, Syafdi Maizora, Nurul Astuty Yensy B

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A