Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan Pendekatan Saintifik di kelas VIII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara : (1) membuat LKPD menggunakan model pembelajaran SQ3R dengan pendekatan saintifik, langkah-langkah yang sederhana dan mudah dimengerti oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terarah, (2) memberikan media pembelajaran alat peraga bangun ruang sisi datar pada siklus I dan siklus II untuk membantu siswa memahami pelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 65,10; 79,96; 83,71 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 39,28%; 53,57%; 85,71%.

Keywords

model pembelajaran Survey Question Read Recite and Review Pendekatan Saintifik hasil belajar.

Article Details

Author Biography

Rafika Zelia Nengsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu

Sesungguhnya Setelah Kesulitan ada Kemudahan.
How to Cite
Nengsi, R. Z., Rusdi, R. R., & Hanifah, H. H. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VIII 1 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 102–109. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.102-109

References

  1. Daryanto. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
  2. Hamzah, Ali, & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  3. Lestari, E.K., & Yudhanegara, R.M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
  4. Novelia, Rika, dkk. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII. 3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal JPPMS (online), Vol. 1, No.1,(https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 5 juli 2019.
  5. Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Trianto. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  7. Wardhani, IGAK, & Wihardit, Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.