UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VIII 1 SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Rafika Zelia Nengsi(1), Rusdi Rusdi Rusdi(2), Hanifah Hanifah Hanifah(3),
(1) Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review dengan Pendekatan Saintifik di kelas VIII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara : (1) membuat LKPD menggunakan model pembelajaran SQ3R dengan pendekatan saintifik, langkah-langkah yang sederhana dan mudah dimengerti oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan terarah, (2) memberikan media pembelajaran alat peraga bangun ruang sisi datar pada siklus I dan siklus II untuk membantu siswa memahami pelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 65,10; 79,96; 83,71 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 39,28%; 53,57%; 85,71%.


Keywords


model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review, Pendekatan Saintifik, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Hamzah, Ali, & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lestari, E.K., & Yudhanegara, R.M. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Novelia, Rika, dkk. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII. 3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal JPPMS (online), Vol. 1, No.1,(https://ejournal.unib.ac.id/inde.php/JPPMS/issue/archive), diakses 5 juli 2019.

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wardhani, IGAK, & Wihardit, Kuswaya. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.102-109

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rafika Zelia Nengsi, Rusdi Rusdi Rusdi, Hanifah Hanifah Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A