Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII 1 sebagai kelas Jigsaw yang berjumlah 26 siswa dan kelas VIII 3 sebagai kelas STAD yang berjumlah 31 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu, dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan = 0,016  taraf signifikan ( = 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas Jigsaw adalah 68,75 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas STAD adalah 57,80.

Kata kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, STAD, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
Munandar, A., Yensy B, N. A., & Susanta, A. (2020). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(1), 136–141. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.136-141

References

  1. Afandi, Muhamad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula.
  2. Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
  3. Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
  4. Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  5. Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
  6. Sari, Defita Purba. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Rotatig Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Karang Sari Kecamatan Padang Ratu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Lampung
  7. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  8. Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
  10. Wijaya. 2001. Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.