PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STAD DI SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Adis Munandar(1), Nurul Astuty Yensy B(2), Agus Susanta(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII 1 sebagai kelas Jigsaw yang berjumlah 26 siswa dan kelas VIII 3 sebagai kelas STAD yang berjumlah 31 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Bengkulu, dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai signifikan = 0,016  taraf signifikan ( = 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas Jigsaw adalah 68,75 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas STAD adalah 57,80.

Kata kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, STAD, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Sari, Defita Purba. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Rotatig Trio Exchange (RTE) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Karang Sari Kecamatan Padang Ratu. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Lampung

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Wijaya. 2001. Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.1.136-141

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adis Munandar, Nurul Astuty Yensy B, Agus Susanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A