PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TAI DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Peni Apriyanti(1), Nurul Astuty Yensy(2), Rusdi Rusdi(3),
(1) Bengkulu University, Indonesia
(2) , 
(3) , 

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa antara model tipe STAD dengan model tipe TAI di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Only Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelas TAI yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas STAD yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan tipe TAI lebih dari tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, dengan setengah hasil sig. = 0,0395 < 0,05 dan hasil belajar siswa kelas TAI adalah 52,125 dan hasil belajar siswa kelas STAD adalah 42,304.
Kata kunci: Teams Assisted Individualization, Student Teams Achievenment Division, Hasil Belajar
 
Abstract
The purpose of this research was to find out of the comparison of study results students mathematic between STAD type and TAI type in the class VIII of Junior High School 6 Bengkulu City. This research was a quasi-experimental research design with only control group design. The population of the research were students of grade VIII Junior High School 6 Bengkulu City, academic year of 2018/2019. The samples of this research were collected by purposive sampling technique was obtained class VIII A as first experimental class with 24 students and class VIII B as second experimental class with 23 students. The instrument that used in this research was posttest. The results showed that there is the average value of study results students mathematic with use type TAI more than type STAD in the class VIII of Junior High School 6 Bengkulu City, with half the resultsig. = 0,0395 < 0,05 and the value of study results students class TAI is529,125 and the value of study results students TAI is 42,304.
Keywords: Teams Assisted Individualization, Student Teams Achievenment Division, Learning Outcomes
 

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hudiria, Inda. 2018. “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studen Teams Achievement Division dan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu”. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Sarjana Universitas Bengkulu.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Oktavianai, Hermanita Ratu Kencana. 2016. “Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di kelas VII MTsN 2 Kota Bengkulu.” Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Program Sarjana Universitas Bengkulu.

Rahmawati, Rina dan Ali Mahmudi. 2014. Kefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TAI Ditinjau dari Ativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prima Edukasia, Volume 2-Nomor 1, 109.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono, 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintahan RI Tahun 2015, (2016), Standar Nasional Pendidikan Serta Wajib Belajar , Bandung: Citra Umbara, hal. 6.

Wijaya. 2001. Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.76-82

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Peni Apriyanti, Nurul Astuty Yensy B, Rusdi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

JP2MS' visitors
Statistik JP2MS
  

 

JP2MS is indexed by:

                 

 
Editorial Office of JP2MS

Gedung Dekanat FKIP Universitas Bengkulu Lantai 2
Ruang Prodi Pendidikan Matematika
Jl. Raya KandangLimun, Bengkulu 38171A