Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian menggunakan posttest only control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen, kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas uji coba. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal esai dengan jumlah 10 soal. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda.  Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 62,766 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 48,655. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan aplikasi SPSS. Uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan rumus Levene’s Test. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,004 ? 0,05 maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
naibaho, angela jane ito, susanta, agus agus, & hanifah, hanifah hanifah. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 238–246. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.238-246

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  2. Hamzah dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  3. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  4. Isrok’atun dan Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
  5. Kartikasari, Desta. 2018. Penerapan Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor. Jurnal Kumparan Fisika. 1(2).
  6. Lestari dan Yudhanegara. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  7. Lubis, Mara Samin. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran Matematika. Medan: UIN-SU.
  8. Rizki, Lidya Dita. 2017. Perbandingan Hasil Belajar Antara Pembelajaran dengan Menggunakan Media Manipulatif dengan Pembelajaran Konvensional. JP2MS. 1(1): 47-53.
  9. Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  10. Wulandari, Hayatri. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 01 Bengkulu Tengah. JP2MS. 2(1): 1-7.
  11. Wijaya. 2001. Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung : Alfabeta.