Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari pengembangan video pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi segitiga untuk siswa kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu yang telah dikembangkan.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development).Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan perangkat pembelajaran Borg and Gall.Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap, meliputi  tahapan melakukan analisis produk yang dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Video pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika realistik Indoneisa (PMRI) pada materi segitiga untuk siswa SMP kelas VII termasuk dalam kategori: (1) sangat valid dengan skor rata-rata 4,65,dengan cara : (a) materi pada video pembelajaran ini sesuai dengan kompetensi dasar, sistematika atau urutan materi, dan tujuan pembelajaran;(b) video sesuai dengan struktur video yang telah ditetapkan, video juga memiliki kualitas yang baik dan jelas dari segi gambar, suara dan bahasa; (c)video pembelajaran ini dari segi bahasa layak digunakan, bahasa yang digunakan secara umum sudah sesuai dengan perkembangan intelektual siswa Sekolah Menegah Pertama.(2) sangat praktis dengan skor rata-rata 4,53 termasuk memberikan kemudahan bagi guru untuk mempersiapkan dan menggunakan video sebagai media pembelajaran di kelas dan membantu siswa memahami materi.

 

Kata kunci :kepraktisan, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), video pembelajaran, segitiga.

Abstract

This research is aimed at identifying level of validity and practicality from Video Learning Development Based on Indonesian Realistic Mathematics Education in the triangle materials for VII grade students of Junior High School Number 1 Bengkulu City. The research was designed as the Research and Development. The model of the research was used Borg and Gall learning device development model. This research was done by four stages, they were analyzed the developing product, developed the initial product, validated and revised of the expert, small-scale field tested and product revised. The results of this research revealed that the Video Learning of Indonesian Realistic Mathematics Education in triangular materials for VII grade students of junior high school was categorized in: (1) Very valid with an average score of 4.65, by doing: (a) material on the video learning was appropriate with basic competencies, systematic or sequence of material, and learning objectives; (b) the video was appropriate with video structure, it also has good quality and clear in terms of image, sound and language; (c) this video learning was appropriated to use, the language used in the video was appropriate with the intellectual development of the Junior High School students. (2) Very practical with an average score of 4.53 because the video gave the facilities to the teacher for preparing and using the video as the medium of learning in the class and helped the students for understanding the materials.

 

Keywords : Practicality, Indonesian Realistic Mathematics Education, Video Learning, Triangle

Article Details

How to Cite
Novita, M. D., Muchlis, E. E., & Yensy, N. A. (2018). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI SEGITIGA UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 83–89. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.83-89

References

  1. Depdikbud. 1999. Kamus besar Bahasa Indonesia. Cet. Ke-10. Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Karimah, A.A., Rusdi, & Fachruddin, M. 2017. Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial pada Materi Garis dan Sudut untuk Siswa SMP/MTS kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol.1 (1), 9-13.
  3. Laily, Asyhar, dan Rachmawati.(2012). Pengembangan Media Audio Visual Materi Narrative Teks untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA.Jurnal Tekno-Pedagogi, Vol. 2(1): 66-86.
  4. Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, X: 136-139.
  5. Sari, P.Y., Rusdi, & Muchlis, E.E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Coperative Script pada Materi Lingkaran. Journal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, Vol. 2 (1): 8-13.
  6. Shoimin, Aris (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
  7. Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
  8. Suherman, E., & Winataputra, U. S. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud
  9. Wati, Rima Ega. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta:Kata Pena.
  10. Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.