Main Article Content
Abstract
The purpose of this study is to determine the effect of the promotion mix on the purchase
decision of Toyota Avanza cars at AUTO 2000 Palembang Branch. Data in this study were
collected through distributing questionnaires to respondents. The number of samples used in
this study were 100 respondents. The technique used in this study sample was purposive
sampling. The results of the analysis in this study indicate simultaneously (F test) the
independent variables, namely personal sales, sales promotion, advertising and public
relations significantly influence the dependent variable, namely the purchase decision of the
Toyota Avanza at AUTO 2000 Palembang Branch. Partially (t test), the variables of personal
sales, sales promotion and advertising have a significant effect on purchasing decisions. As
for the public relations variable does not significantly influence the purchase decision. The
most dominant variable influencing purchase decisions is the advertising variable.
Keywords
Article Details
References
- Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta. Bandung.
- Angipora, M.P. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
- Angraini, Dinna Dea (2013) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jeans
- Cardinal: Survei Pada Pembeli Jeans Cardinal di MDS Galeria BIP. Jurnal Universitas
- Pendidikan Indonesia.
- Baskara, Tito. 2011. Pengaruh Bauran Promosi (Promotion Mix) Terhadap Keputusan Pembelian
- Konsumen Toserba “X” Kiaracondong Bandung. Jurnal Manajemen Universitas
- Widyatama.
- Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit
- Universitas Diponegoro. Semarang.
- Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. BPFE-Yogyakarta.
- Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
- Indah, Maria Gusti. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor
- Honda Vario Techno Melalui Lembaga Pembiayaan PT. Adira Finance Surabaya. Jurnal
- Manajemen Universitas Narotama. Surabaya.
- Klarisa, Novita. 2015. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di
- Swalayan Maxi Balikpapan. Jurnal Manajemen Universitas Mulawarman.
- Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT. Indeks. Jakarta.
- dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga. Jakarta.
- dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
- Lamb. Jr, Charles. W, Joseph. F. Hair and Carl Mcdaniel. 2004. Marketing. 7th Edition. Thomson.
- Canada.
- Lontoh, Michael N. 2016. Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil
- Toyota Pada PT. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.
- Volume 16 No. 01 Tahun 2016.
- Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.
- Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra. Yogyakarta.
- Naresh K. Malhotra. 2010. Marketing Reseach: An Applied Orientation. Sixth Edition. Pearson
- Education.
- Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations. Garsindo, Jakarta.
- Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi.
- Rajawali Pers. Jakarta.
- Saladin, Djaslim. 2007. Manajemen Pemasaran, Linda Karya. Bandung.
- Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. PT. Indeks.
- Jakarta.
- Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.
- Setiawan, Herry. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Bauran Promosi Terhadap Konsumen Untuk
- Melakukan Migrasi ke Jaringan 4G LTE Telkomsel Palembang. Tesis Magister Manajemen
- Universitas Sriwijaya.
- Simamora, Henri. 2007. Manajemen Pemasaran Internasional. Edisi 2. Rineka Cipta. Jakarta.
- Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
- Stanton, William J. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 3, Alih Bahasa oleh Yohanes
- Lamarto. Erlangga. Jakarta.
- Surakhmad, Winarno. 2003. Pengantar Penelitian Ilmiah. Penerbit Tarsito. Bandung.
- Sutisna. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Indeks. Jakarta.
- Swastha, Basu. dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen.
- Edisi pertama, Penerbit BPFE-Yogyakarta.
- Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
- Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada.
- Jakarta.
References
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta. Bandung.
Angipora, M.P. 2007. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Angraini, Dinna Dea (2013) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jeans
Cardinal: Survei Pada Pembeli Jeans Cardinal di MDS Galeria BIP. Jurnal Universitas
Pendidikan Indonesia.
Baskara, Tito. 2011. Pengaruh Bauran Promosi (Promotion Mix) Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Toserba “X” Kiaracondong Bandung. Jurnal Manajemen Universitas
Widyatama.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro. Semarang.
Gitosudarmo, Indriyo. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. BPFE-Yogyakarta.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Indah, Maria Gusti. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor
Honda Vario Techno Melalui Lembaga Pembiayaan PT. Adira Finance Surabaya. Jurnal
Manajemen Universitas Narotama. Surabaya.
Klarisa, Novita. 2015. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di
Swalayan Maxi Balikpapan. Jurnal Manajemen Universitas Mulawarman.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT. Indeks. Jakarta.
dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga. Jakarta.
dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.
Lamb. Jr, Charles. W, Joseph. F. Hair and Carl Mcdaniel. 2004. Marketing. 7th Edition. Thomson.
Canada.
Lontoh, Michael N. 2016. Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil
Toyota Pada PT. Hasjrat Abadi Manado Cabang Tendean. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.
Volume 16 No. 01 Tahun 2016.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.
Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra. Yogyakarta.
Naresh K. Malhotra. 2010. Marketing Reseach: An Applied Orientation. Sixth Edition. Pearson
Education.
Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations. Garsindo, Jakarta.
Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi.
Rajawali Pers. Jakarta.
Saladin, Djaslim. 2007. Manajemen Pemasaran, Linda Karya. Bandung.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. PT. Indeks.
Jakarta.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta.
Setiawan, Herry. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan dan Bauran Promosi Terhadap Konsumen Untuk
Melakukan Migrasi ke Jaringan 4G LTE Telkomsel Palembang. Tesis Magister Manajemen
Universitas Sriwijaya.
Simamora, Henri. 2007. Manajemen Pemasaran Internasional. Edisi 2. Rineka Cipta. Jakarta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Stanton, William J. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke 3, Alih Bahasa oleh Yohanes
Lamarto. Erlangga. Jakarta.
Surakhmad, Winarno. 2003. Pengantar Penelitian Ilmiah. Penerbit Tarsito. Bandung.
Sutisna. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Indeks. Jakarta.
Swastha, Basu. dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen.
Edisi pertama, Penerbit BPFE-Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada.
Jakarta.