Main Article Content

Abstract

Permasalahan yang dihadapi warga masyarakat Desa Tanjung Terdana adalah kondisi perekonomian masyarakat yang rendah, yaitu hanya mengandalkan penghasilan dari bertani, dan masyarakat belum memiliki keterampilan teknologi tepat guna sederhana yang memadai. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan sampah organik rumah tangga menggunakan teknologi kompos Takakura sebagai salah satu potensi sumber industri rumah tangga untuk menambah penghasilan masyarakat, 2) Meningkatkan keterampilan bagi masyarakat dalam memanfaatkan teknologi kompos Takakura sebagai salah satu cara untuk meningkatan keterampilan dan perubahan pola pikir masyarakat sadar lingkungan. Metode kegiatan yang diberikan meliputi pelatihan, pengerjaan tugas terbimbing, dan monitoring serta evaluasi. Kegiatan dilaksanakan pada 4 Agustus 2018 di rumah kepala desa Tanjung Terdana. Kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan dan skill masyarakat Desa Tanjung Terdana dalam pengelolaan sampah rumah tangga menggunakan teknologi sederhana pembuatan kompos Takakura.

 

Article Details

How to Cite
Jumiarni, D., Eka Putri, R. Z., & Anggraini, N. (2020). PENERAPAN TEKNOLOGI KOMPOS TAKAKURA BAGI MASYARAKAT DESA TANJUNG TERDANA KECAMATAN PONDOK KUBANG BENGKULU TENGAH SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SADAR LINGKUNGAN. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 63–70. https://doi.org/10.33369/dr.v18i1.11065

References

  1. Gaur, AC. (1983). A Manual of Rural Composting FAO. Rome : United Nation.
  2. Murbandono, L., 2007. Membuat Kompos. Penebar Niaga Swadaya. Jakarta.
  3. Rezagama, A., Samudro, G. 2015. Studi Optimasi Takakura dengan penambahan sekam dan bekatul. Jurnal Presipitasi 12 (2) : 66 – 70.
  4. Setyorini D., Saraswati R.,Anwar EA. (2006). Kompos. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. Editor: RDM Simanungkalit., Didi Ardi Suridikarta., Rasti Saraswati, Diah Setyorini dan Wiwik Hartatik. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.
  5. Sumunar, D.R.S., Khotomah, N., Hadi, B.S. 2008. Pelatihan dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Budaya Terhadap Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wirobrajan (Menuju Kota Jogja Green and Clean). Laporan Pengabdian pada Masyarakat. UNY.
  6. Suriwiria HU., (2002). Pupuk Organik Kompos dari Sampah. Bioteknologi Agroindustri.Bandung : Humaniora Utama Press.