Main Article Content

Abstract

Sebagian besar guru di SD N 10 Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah masih kesulitan mengatur keberhasilan pembelajaran, terutama pembelajaran matematika. Berdasarkan studi awal, ditemukan bahwa pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru matematika di SD 10 Pondok Kelapa masih bersifat tradisional, yaitu metode ceramah. Guru jarang menggunakan strategi pembelajaran alternatif, khususnya dalam subjek operasi multiplikasi bilangan bulat. Meskipun banyak metode alternatif perkalian yang menyenangkan, seperti metode multiplikasi latis, jadi dalam kegiatan ini "Pelatihan metode beragam alternatif untuk guru di SD N 10 Pondok Kelapa" meliputi: Seminar, Demonstrasi, pertanyaan dan jawaban, diskusi, tugas terpandu , pemantauan dan penilaian. Para guru di SD N 10 Pondok kelapa awalnya tidak memiliki pengetahuan tentang metode multiplikasi latis dalam mata pelajaran matematika dasar (100 persen). Setelah lokakarya diadakan dan setelah kegiatan praktis menyelesaikan pertanyaan penggandaan ratusan dan ribuan angka asli selesai, para guru sudah memiliki pengetahuan yang baik dan pemahaman tentang metode multiplikasi latis, secara umum respons guru terhadap kegiatan ini sangat baik. (positif) dan pengetahuan serta keterampilan mereka tentang metode multiplikasi latis sebagai metode multiplikasi alternatif semakin meningkat.

Keywords

Metode Multiplikasi Latis Metode Alternatif

Article Details

How to Cite
Yensy, N. A. (2020). PELATIHAN METODE PERKALIAN ALTERNATIF BAGI GURU SD N 10 PONDOK KELAPA. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 35–46. https://doi.org/10.33369/dr.v18i1.11080

References

  1. Lynn West, Bellevue, NE. 2011. An Introduction to Various Multiplication Strategies. Washington. USA. Merrill Prentice Hall.
  2. Marifah, H. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Bersusun Ke Bawah dengan Media Papan Napier pada Pembelajaran Matematika bagi Siswa Kelas III SD Dapuan Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. PGSD FKIP.
  3. Marzuki. 2011. Meningkatkan Prestasi Belajar Perkalian Bersusun Menggunakan Model Kooperatif Tipe TAI pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Meurah Dua. Lentera: Vol.11, No.2, Agustus 2011. Bireuen.
  4. Muhsetyo, Gatot et al. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
  5. Nugent, P. M. 2007. Lattice multiplication in a preservice classroom. Mathematics Teaching in the Middle School, 13(2), 110-113.
  6. Yensy, N. A. (2017). PELATIHAN PAKEM MATEMATIKA SD DENGAN MENGGUNAKAN KOTAK KPK DAN FPB BAGI GURU SD DI KECAMATAN PONDOK KELAPA. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 15(1).
  7. Yensy, N. A. (2018). PELATIHAN PEMBELAJARAN AKTIF BERBANTUAN “BLOK ALJABAR” BAGI GURU SMP N 1 PONDOK KELAPA. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 16(1).
  8. Yensy, N. A. (2019). SOSIALISASI ACTIVE LEARNING MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN KARTU BAGI GURU-GURU SD N 69 KOTA BENGKULU. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 17(1).
  9. Suherman, Erman, et al. 2006. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jica Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indinesia.
  10. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  11. Yensy, N. A. (2019). SOSIALISASI ACTIVE LEARNING MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN KARTU BAGI GURU-GURU SD N 69 KOTA BENGKULU. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 17(1).