Main Article Content
Abstract
Pembelajaran matematika di tingkat dasar merupakan salah satu kunci keberhasilan siswa pada jenjang tingkat atas. Hal ini dikarenakan konsep awal matematika disampaikan pada tingkat sekolah dasar dan akan digunakan pada jenjang mengah dan atas. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga matematika berbahan kertas bekas. Sasaran pengabdian ini adalah guru matematika dan siswa di MI Humairah Kota Bengkulu. Pelatihan di ikuti oleh 7 orang guru matematika yang diterapkan pada dua kelas, yaitu kelas VA dan VB dengan masing-masing jumlah siswa sebanyak 23 dan 24 orang siswa. Hasil kegiatan pengabdian, yaitu: (1) tersusunya alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas, (2) peningkatan pemahaman guru dalam menyusun alat peraga dengan rata-rata tes pemahaman meningkat dari 37,50 menjadi 72,62 setelah diberikan pelatihan. (3) respon peserta rata-rata kriteria tinggi dengan persentase sebesar 71,44.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press. Jakarta.
- Azmi, S., Sripatmi, Subarinah, Amrullah, & Turmuzi, M. (2019). Pelatihan pembuatan alat peraga pembelajaran matematika untuk meningkatkan profesionalisme guru-guru SD Gugus II Ampenan Utara. Jurnal pendidikan dan pengabdian masyarakat. 2(4), 427-432
- Ismail, dkk. (2009). Kapita Selekta Pembelajaran matematika. Universitas terbuka. Jakarta.
- Kania, Nia. (2017. Efektivitas alat peraga konkret terhadap peningkatan visual thinking siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 1(2),64-71
- Murdyanto & Mahatma. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar, Jurnal Sarwahita, 11 (1), 38-43
- Runtukahu dan Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.
- Rusmawati. (2017). Penggunaan alat peraga langsung pada pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3 (2), 303-314
- Suwardi, Masni Erika Firmiana, Rohayati. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.
- Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi, R. (2020). Higher order thinking skill (hots) mathematics instrument test based on macromedia flash for junior secondary school students in bengkulu city. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 15-24.
- Yuni, Wahyuningsih. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Sederhana. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 2(1), 84-96
References
Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press. Jakarta.
Azmi, S., Sripatmi, Subarinah, Amrullah, & Turmuzi, M. (2019). Pelatihan pembuatan alat peraga pembelajaran matematika untuk meningkatkan profesionalisme guru-guru SD Gugus II Ampenan Utara. Jurnal pendidikan dan pengabdian masyarakat. 2(4), 427-432
Ismail, dkk. (2009). Kapita Selekta Pembelajaran matematika. Universitas terbuka. Jakarta.
Kania, Nia. (2017. Efektivitas alat peraga konkret terhadap peningkatan visual thinking siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 1(2),64-71
Murdyanto & Mahatma. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar, Jurnal Sarwahita, 11 (1), 38-43
Runtukahu dan Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media. Jogjakarta.
Rusmawati. (2017). Penggunaan alat peraga langsung pada pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3 (2), 303-314
Suwardi, Masni Erika Firmiana, Rohayati. (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297-305.
Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi, R. (2020). Higher order thinking skill (hots) mathematics instrument test based on macromedia flash for junior secondary school students in bengkulu city. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(1), 15-24.
Yuni, Wahyuningsih. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Sederhana. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 2(1), 84-96