Integrasi Pendidikan Mitigasi Dalam Konten Pembelajaran Sains Sebagai Upaya Membangun Kesadaran Mitigasi Dari Jenjang Sekolah

Henny Johan(1), Afrizal mayub(2), rendy wikrama wardana(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam mengintegrasikan pendidikan mitigasi melalui pembelajaran sains sebagai upaya membangun kesadaran mitigasi dari jenjang sekolah. Kegiatan ini melibatkan 50 orang guru IPA dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2020 bertempat di SMP 6 seluma. Instrument yang digunakan dalam kegiatan PPM ini adalah angket untuk menjaring data persepsi guru dan penugasan mandiri. Berdasarkan hasil kegiatan diketahui bahwa guru berpendapat pendidikan mitigasi penting untuk dilakukan dalam rangka membangun kesadaran mitigasi siswa, konsep sains berkaitan erat dengan berbagai fenomena alam termasuk fenomena bencana kebumian. Konsep sains sangat potensial untuk diintegrasikan dengan pendidikan mitigasi Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa integrasi pendidikan mitigasi sangat penting terutama untuk daerah rawan bencana alam seperti provinsi Bengkulu. Integrasi pendidikan mitigasi sangat potensial untuk dilakukan melalui pembelajaran sains mengingat karakter konsep sains yang berkaitan erat dengan berbagai fenomena alam


Keywords


integrasi mitigasi; kesadaran mitigasi; konsep sains; mitigasi

References


Arifa, Fieka Nurul. (2018). Mitigasi Bencana pada Sektor Pendidikan Formal. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis. Vol. X, No. 20/II/Puslit/Oktober/2018

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2018). Laporan 4 BNBP. Jakarta: http://bnpb.cloud/dibi/laporan4

Farda N.M dan Prayudha.B. (2010).Manual SSOP Pengendalian Banjir dan Longsor: Yogyakarta.

Febriani.y, daruwati.i, hatikar. (2013). Analisis nilai peak ground acceleration dan indeks kerentanan seismik berdasarkan data mikroseismik pada daerah rawan gempabumi di kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Edu Research . 2013. Vol.2 No.2 Desember 2013

Hayudityas, Beatrix. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal edukasi nonformal. Vol (1) No(2) page 94-102

Ibrahim, G., Subardjo. (2010). Pengetahuan Seismologi, Badan Meteorologi dan Geofisika

Irwanto, Yud (2015)i. Badan Informasi Geopasial. [online]. Tersedia: bakosurtanal.go.id

Mustari. Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo. 2011.

Permana R.C.E, Nasution.I.P, dan Gunawijaya.J. (2011). Kearifan lokal tentang mitigasi bencana pada masyarakat baduy. Makara, sosial humaniora, 2011.VOL. 15, NO. 1, JULI 2011: 67-76

Suarmika, Putu Eka dan Erdi Guna Utama (2017) Pendiaikan Mitigasi Bencana di sekolah Dasar (sebuah kajian analisis pedagogi). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol(2) No(2) Page 18 – 24

Subiyantoro, I. (2010). Selayang Pandang tentang Bencana. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 1,

Sudibyakto. (2015). Kajian dan Mitigasi Bencana Gempa Bumi: Studi Kasus Gempa




DOI: https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.13790

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statistik Counter

View My Stats

Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS

LPPM Universitas Bengkulu

Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Kec. Muara Bangka Hulu, Sumatera, Bengkulu 38371

Website: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/dharmaraflesia/index

Email :dharmaraflesia@unib.ac.id

No.Hp: 081373315732

E-ISSN: 2615-4544