Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan menginternalisasikan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter secara humanistik pada anak panti asuhan Al-Hidayah Purwakarta. Pembentukan karakter diimplementasikan melalui kearifan lokal sunda dan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam.Proses pengabdian dilaksanakan secara inovatif melalui kegiatan sosialisasi, kegiatan keagamaan, penyuluhan, pembiasaan,pembelajaran, pemotivasian, games dan pembudayaan. Hasil kegiatan menunjukkan pembinaan karakter secara humanistik menumbuhkan rasa percaya diri, kreativitas, rasa saling menyayangi dan saling peduli. Anak belajar dengan riang, aktif, kreatif dan efektif. Melalui penanaman nilai-nilai pendidikan Islam, membantu anak secara mandiri untuk mengembangkan karakter religius, integritas, dan kemandirian.  Melalui kearifan lokal Sunda, menguatkan karakter nasionalis, integritas, gotong royong dan kemandiriaan serta menjadi pribadi cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), singer (mawas diri), dan pinter (cerdas sebagaimana tata nilai masyarakat Sunda

Keywords

Pendidikan Karakter Humanistik Kearifan Lokal Pendidikan Islam

Article Details

Author Biographies

Muhamad Taufik Bintang Kejora, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Achmad Junaedi Sittika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Ahmad Syahid, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan  Universitas Singaperbangsa Karawang
How to Cite
Bintang Kejora, M. T., Sittika, A. J., & Syahid, A. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Humanistik Melalui Kearifan Lokal dan Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Panti Asuhan. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 111–123. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.14020

References

  1. Atik Maisaro, Bambang Budi Wiyono, I. A. (2018). Manajement Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312.
  2. Aziz, H. (2018). Analisis Kebijakan Pemerintah Purwakarta tentang Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Purwakarta [Analysis of Purwakarta Government Policy on Character Education Based on Local Wisdom in Purwakarta Regency]. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.4167
  3. Budiyanti, N., Aziz, As. A., & Palah. (2020). the Formulation of the Goal of Insan Kamil As a Basis for the. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(2), 1–10.
  4. Cece. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal Berbasis Al-Qur’an (Implementasi di SMAN Kabupaten Purwakarta) [Strengthening Character Education through Al-Qur’an-Based Local Wisdom (Implemented at SMAN Purwakarta Regency)]. Deepublish.
  5. Fajar, I. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 17(2), 144. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v17i2.270
  6. Firdaus. (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis. Jurnal Al-Dzikra, 11(1), 55–88. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-dzikra/article/view/1813
  7. Fitri, A. . (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah [Values & Ethics Based Character Education in Schools]. Ar-Rurzz.
  8. Fitri, N., & Idris, M. (2019). Nilai Pendidikan Islam dalam Qur’an Surah Luqman Ayat 1-19: Tinjauan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik (The Value of Islamic Education in the Qur’an Surah Luqman Verses 1-19: Cognitive, Affective, and Psychomotor Reviews). Al-Musannif, 1(1), 32–46. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.2667704
  9. Hude, D., Febrianti, N.A., & C. (2019). Alim | Journal of Islamic Educatioan. Alim Journal of Islamic, I(2), 389–400.
  10. Latiep, A. . (2014). No Title. Harapan Pendidikan Nasional Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dalam Pembangunan Karakter Budaya Dan Daya Saing Bangsa [Expectations of National Education at Basic Education Level in the Development of Cultural Character and National Competitiveness]., 440–448.
  11. Perbawasari, S., Dida, S., Nugraha, A., & Adi, A. (2020). Communication of Character Education through Special Purwakarta 7 Days of Education (7 Poe Atikan) (Qualitative Descriptive Study on Character Education in Purwakarta Regency). https://doi.org/10.4108/eai.5-11-2019.2292522
  12. Suciyanti, Y., & Nita, A. M. (2019). Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 2(22), 1–13.
  13. Taufan & Sapriya. (2018). Pelembagaan Karakter Toleransi Siswa Melalui Program. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan.
  14. Usman, A. H. (2017). Humanism In Islamic Education : Humanism : Historical Perspectives The term " humanism " has a complex history and meaning . " Humanism " as The humanist movement evolved and became the forerunner of the In the early blooming of humanism in Europe , human. Ijaps, 13(1), 95–113.
  15. Utomo, S. T. dan A. S. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaqul. 11(1), 55–68.