Main Article Content

Abstract

Mengembangkan asesmen untuk perkembangan anak merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap guru PAUD yang profesional, karena asesmen merupakan bagian integral dalam pembelajaran. Terdapat beberapa fenomena di lapangan tentang rendahnya kompetensi guru dalam menilai pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu sangat diperlukan kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi guru terutama dalam mengembangkan instrumen penilaian untuk mengases perkembangan anak usia dini. Kegiatan tersebut dilakukan berupa workshop atau pelatihan guru. Hasil yang dicapai melalui pelatihan ini adalah pola pengembangan instrumen anak usia dini, yang dapat dipedomani dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru yang profesional

Article Details

How to Cite
Kurniah, N., Agustriana, N., & Zulkarnain, R. (2021). Pengembangan Asesmen Anak Usia Dini di Lingkungan Guru PAUD. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 177–185. https://doi.org/10.33369/dr.v19i1.14095

References

  1. Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. SAINTEKS 2019.
  2. Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45
  3. Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014
  4. Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS PADA KELOMPOK B TK ASYIYAH X KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31
  5. Nonformal, B. A. N. P. A. U. D. dan P. (2019). PENETAPAN STATUS AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN PAUD DAN PNF PROVINSI BENGKULU TAHAP II TAHUN 2019. In Kementerian Pendidikan dan Budaya (Vol. 53, Issue 9).
  6. Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612
  7. Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi.
  8. Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru.
  9. Wahyudin uyu, A. M. (2013). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Pesona PAUD.
  10. Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563
  11. Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. (2017). PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 3-6 TAHUN DENGAN PENDIDIKAN USIA DINI DAN TANPA PENDIDIKAN USIA DINI DI KECAMATAN PETERONGAN JOMBANG. Biomedika. https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900