Main Article Content

Abstract

Kemungkinan besar siswa ini akan kurang motivasi untuk berolahraga atau tetap bugar karena pengalaman negatif mereka dalam pendidikan jasmani atau atletik. Hal lainnya yang sering terjadi ialah adanya keterbatasan guru penjasorkes di lingkup sekolah dasar, dimana karena keterbatasan guru penjasorkes. Target yang ingin dicapai tentunya adalah untuk meningkatkan SDM dari guru pendidikan jasmani. Manambah wawasan guru  pendidikan  jasmani dan guru mata pelajaran lain yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar ligkup Kota Kupang Nusa Tenggara Timur tentang Penggunaan Sarana hurdle drills dan leader drills dalam melatih pergerakan dan kesiapan kondisi fisik peserta didik yang mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani tanpa rasa takut dan trauma. Metode yang digunakan ada 3 tahapan penigkatan pengetahuan, peningkatan kecakapan, dan pendukungan serat pendampingan. Adapun implementasinya  perlu dilakukan secara terencana, bertahap, dan berkelanjutan, yang pada gilirannya siswa diharapkan dapat meningkatkan sikap positif bagi diri sendiri dan menghargai manfaat aktivitas jasmani bagi peningkatan kualitas hidup. Pemberian alat-alat berupa Hurdle drills, Ladder Drills untuk pelaksaannya didalam pendidikan jasmani.

Keywords

Hurdle drills Ladder Drills Pelatihan

Article Details

Author Biographies

Yudabbirul Arif, Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana, Prodi Pedidikan Jasmani Kesehatan, rank 133

Michael J. H. Louk, Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana, Prodi Pedidikan Jasmani Kesehatan, rank 133

Erwin S Neolaka, Universitas Nusa Cendana

Universitas Nusa Cendana, Prodi Pedidikan Jasmani Kesehatan, rank 133

Jurdan Martin Siahaan, Universitas Nusa Cendana

universitas nusa cendana, prodi pedidikan jasmani kesehatan, rank 133

Intan Kamala Aisyiah, Universitas Baiturrahmah

Universitas Baiturrahmah, FAkultas Kesehatan masyarakat, prodi Administrasi Rumah sakit
How to Cite
Arif, Y., Louk, M. J. H., Neolaka, E. S., Siahaan, J. M., & Aisyiah, I. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Alat Hurdle drills dan Ladder Drills Bagi Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembelajaran Penjas di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(2), 346–355. https://doi.org/10.33369/dr.v19i2.18218

References

  1. Anderson, L., & Glover, D. R. (2017). Building Character, Community, And A Growth Mindset In Physical Education: Activities That Promote Learning And Emotional And Social Development. Human Kinetics.
  2. Arif, Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Olahraga Renang Melalui Model Pembelajaran E-Learning Dan Face-To-Face ( Blended Learning ) Dalam Mata Kuliah. 4(2), 246–252. Http://Www.Jurnal-Umbuton.Ac.Id/Index.Php/Ppm/Article/View/630/648
  3. Arif, Y., Boleng, L. M., Babang, V. M. M. F., & Saba, K. R. (2019). Pengaruh Keseimbangan, Daya Ledak Otot Tungkai, Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kemampuan Tendangan Monthong Doliochagi (Vol. 3, Issue 3).
  4. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Ijerr.V2i3.21091.G13182
  5. Brad Stulberg, S. M. (2017). Praise For Peak Performance. Rodale.
  6. Harrison, J. (2017). Essentials Of Physical Education. White Word Publication.
  7. Padmawan, I. P. R., Darmada, I. M., Widiantari, N. L. G., Santika, I. G. P. N. A., Ariawati, N. W., & Segu, A. D. (2020). Pelatihan Ickey Shuffle Dengan Jarak 6 Meter 4 Repetisi 3 Set Terhadap Kelincahan Siswa Putra Kelas X Sma Negeri 2 Mengwi Badung. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 119-124. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.3661606
  8. Piyana, P. D., Subekti, M., & Santika, . I. G. P. N. A. (2020). Pelatihan Hanging Leg Raise Terhadap Kekuatan Otot Perut. Penjaga : Pendidikan Jasmani &Amp; Olahraga, 1(1), 7–11. Retrieved From Https://Jurnal.Stkippgritrenggalek.Ac.Id/Index.Php/Penjaga/Article/View/58
  9. Ruslan. (2011). Meningkatkan Kondisi Fisik Atlet Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Di Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ilara (Jurnal Ilmu Olahraga).
  10. Santika, I. G. P. N. A., Pranata, I. K. Y., & Festiawan, R. (2020). The Effectiveness Of Jogging Sprint Combination Training On Students Fat Levels. Journal Of Physical Education Health And Sport, 7(2), 43-48. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jpehs/Article/View/27020
  11. Setiyawan, S. (2017). Kepribadian Atlet Dan Non Atlet. Jendela Olahraga. Https://Doi.Org/10.26877/Jo.V2i1.1289
  12. Sullivan, L. (2015). Health And Physical Education. In The Sage Glossary Of The Social And Behavioral Sciences. Ontario. Https://Doi.Org/10.4135/9781412972024.N1169
  13. Sumarsono, A. (2019). Pengaruh Metode Latihan Agility Hurdle Drill Dan Agility Leader Terhadap Koordinasi Kaki Anggota Ukm Futsal Universitas Musamus Merauke. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan. Https://Doi.Org/10.36706/Altius.V6i1.8220
  14. Yusollina, I., & Suwanda, I. M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di Sman 18 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan.